Selasa, 28 September 2021

Rakornis Penanggulangan Karhutla Dipimpin  Bupati  Edy  Pratowo

beliangn Senin, 12 April 2021 09:10:02 54

Pulang Pisau – Beliangnews.id. –  Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tingkat Kabupaten Pulang Pisau tahun 2021. Dibuka dan dipimpin Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo,di Aula Mes Pemerintah Daerah kabupaten Pulang Pisau, Senin (12/04/2021).

Acara Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tingkat Kabupaten Pulang Pisau tahun 2021,dihadiri jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) kabupaten Pulang Pisau.

Dalam acara tersebut Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo menyampaikan, Berdasarkan laporan dari BMKG, musim kemarau tahun 2021 diperkirakan terjadi di bulan Mei dan Juni tahun 2021.Oleh karena itulah dengan kegiatan Rakornis Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tingkat Kabupaten Pulang Pisau tahun 2021 ini kiranya dapat memberikan gambaran untuk kita bersama agar melakukan pencegahan dengan cara memberikan edukasi dan sosialisasi sesuai arahan dari bapak Presiden Republik Indonesia.

“ Upaya pencegahan melaui deteksi dini merupakan langkah terbaik daripada melakukan tindakan pemadaman Karhutla. Apalagi di Kabupaten Pulang Pisau dari luasan wilayah 9.970 ribu Kilometer (Km) terdapat lebih dari Lima Puluh persen lebih lahan gambut yang berada di areal Kabupaten Pulang Pisau ”.

Lanjut Edy Pratowo, Dari luasan lahan gambut ini sangat memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi, manakala lahan gambut tersebut terjadi kebakaran.Berdasarkan Pengalaman di tahun 2015 pada saat melakukan upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan, dimana pada kemarau saat itu di barengi dengan El Nino yang cukup panjang mengakibatkan wilayah kabupaten Pulang Pisau dan Kalimantan Tengah (Kalteng) ini terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang cukup luas, sehingga ini memberikan dampak buruk bagi ekonomi maupun dampak kesehatan bagi masyarakat.

“Berdasarkan pengalaman itulah pemerintah kabupaten Pulang Pisau melakukan upaya dan langkah terbaik, dengan cara melakukan koordinasi melalui semua stakeholder terkait”ungkap Edy.(Romi/Pulpis)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait