Minggu, 26 September 2021

Persiden RI Joko Widodo Minta Persiapkan Lebih Awal Penanganan Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Daerah Masing – Masing

beliangn Senin, 22 Februari 2021 12:49:41 22

Pulang Pisau – Beliangnews, Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo (22/2/2021) mengatakan bahwa pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali ditekankan dan menjadi prioritaskan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakornas) bersama Persiden RI Joko Widodo, di Jakarta.

Presiden memberikan arahan beberapa poin penting dalam permasalahan penanganan karhutla kepada Gubernur, Bupati/ Walikota, Pangdam/Danrem, Kapolda/ Kapolres agar dapat mempersiapakan lebih awal dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan di daerah masing – masing.

Edy Pratowo menungkapkan arahan Presiden itu meminta agar memprioritaskan upaya pencegahan Karhutla. Jangan sampai terlambat, karena kalau sudah terlambat, apapun yang kita lakukan menjadi sulit, baik penanganan bentuk apapun sudah terlanjur sulit.

Selanjutnya diharapkan juga agar manajemen lapangan harus terkonsolidasi dan terorganisasi, segala upaya harus digerakkan baik melakukan monitoring dan pengawasan harus sampai pada tingkatan paling bawah, dalam melakukan deteksi dini

Kemudian dikatakan Edy Pratowo, untuk Kabupaten Pulang Pisau dirinya segera mungkin melakukukan koordinasi bersama unsur – unsur terkaid diantaranya TNI, Polri, BPBD, dan seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dalam menindaklanjuti apa yang menjadi arahan Presiden tersebut.

Menurut Edy Pratowo, selain melakukan koordinasi kepada unsur-unsur terkait, pemerintah setempat juga melakukan upaya dan langkah-langkah pencegahan Karhutla seperti memberikan edukasi, sosialisasi, dan melakukan invetarisasi peralatan dengan mempersiapkan tenaga di lapangan, serta memberikan himbauan kepada masyarakat. Melalui langkah – langkah tersebut optimis pecegahan Karhutla di kabupaten setempat tahun ini dapat ditekan. (Romi/Pulpis)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait