Minggu, 26 September 2021

Masyarakat Dalam Memilih Semakin Dewasa, Pilkades Serentak Pulang Pisau

beliangn Kamis, 18 Maret 2021 12:58:45 22

Pulang Pisau – Beliangnews, Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo (18/3/2021) mengatakan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2021 disebanyak 45 desa dari tujuh kecamatan di Kabupaten setempat berjalan lancar, aman, dan kondusif. Antusias dan angka partisipasi aktif masyarakat dinilai sangat tinggi dalam terlaksanya pemilihan kepala desa serentak di wilayah kabupaten setempat.

Dikatakan Edy Pratowo masyarakat saat ini semakin dewasa dan semakin mapan dalam menentukan pilihan pemimpin di desanya. Hal ini terlihat dari antusiasme pemilih yang sangat tinggi dalam menentukan pilihannya untuk memajukan desa melalui program pembangun selama enam tahun mendatang.

Dari hasil monitoring tim yang telah dibentuk dan bertugas di beberapa desa, terang Edy Pratowo, juga memberikan laporan bahwa pelaksanaan Pilkades serentak berjalan dengan baik, aman, tertib, dan sukses serta tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat.

Lanjut Edy Pratowo, dalam proses pemilihan kepala desa pastinya ada yang menang ada yang kalah. Ada yang beruntung dan ada yang belum beruntung dan diharapkan bagi yang menang harus bisa merangkul dan jangan sampai ada pengkubu-kubuan. Bagi yang kalah agar dapat mendukung program yang dilaksanakan kepala desa terpilih selama enam tahun mendatang. Apabila kedua kekuatan tersebut dapat bersinergi akan menjadi kekuatan besar menjadikan desa lebih maju dan sejahtera.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Pulang Pisau Deni Widanarni mengucapkan terimakasih kepada semua panitia, pihak keamanan TNI/ Polri, seluruh elemen masyarakat, dan pihak terkait lainnya, sehingga pelaksanaan prose pemilihan sebanyak 45 kepala desa di tujuh kecamatan bisa terlaksana dengan baik dan sukses.

Kemudian dijelaskan Deni Widarnarni dalam monitoring pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak dibagi tiga tim monitoring yakni di Kecamatan Maliku,Pandih Batu dan Kahayan Kuala dipimpin Pj Sekrertaris Daerah Saripudin. Kecamatan Kahayan Tengah dan Banama Tingang dipimpin Wakil Bupati Pudjirustaty Narang. Kecamatan Kahayan Hilir dan Jabiren Raya dipimping Bupati Edy Pratowo.

Secara keseluruhan pelaksanaan Pilkades serentak, terang dia, berjalan dengan baik dan sukses. Didalam kompetisi ini bagi yang belum beruntung dapat menerima hasil yang sangat demokratis dari warga masyarakat desa setempat. Meskipun sesuai tahapan, masih ada ruang selama tiga hari untuk mengajukan gugatan apabila terjadi sengketa Pilkades.

Namun, menurut Deni Widanarni, diharapkan bagi yang kalah dapat menerima hasil dengan lapang dan tidak melakukan upaya gugatan. Kemudian bagi yang terpilih kiranya dapat amanah untuk warga masyarakatnya dan bersinergi dalam membangun desanya untuk lebih maju dan lebih sejahtera. (Romi/Pulpis)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait