YOUTH NUSANTARA CAMP 2023 Sukses Dilaksanakan Di Kiram Park Kalimantan Selatan

beliangn Kamis, 13 Juli 2023 09:16:03 510

BeliangNews.id.Pulpis – Semakin Tahun  Ditengah perkembangan teknologi informasi saat ini, generasi muda sudah tenggelam dalam dunia online yang membatasi diri untuk berinteraksi secara sosial kemanusiaan.Nilai kebangsaan, toleransi beragama,mencintai budaya khas Kalimantan menjadi hal yang dinilai kurang penting.

Yayasan Kemah Pelangi Borneo (KPB)selama ini dikenal dengan setiap pergerakannya bagi anak-anak, para lansia dan ibu-ibu penggerak UMKM.Kini mereka berkolaborasi dengan BRIMOB KALSEL, QAHAL FAMILY ,BNN KALSEL, GERDAYAK, LPMI, BEM FMIPA UPR serta komunitas lainnya untuk mempersiapkan generasi muda yang siap ambil bagian bergerak bagi daerahnya.

Kegiatan ini sangat langka karena melibatkan pelajar dan mahasiswa dari berbagai kota di Kalimantan bahkan ada yang pesertanya datang dari Bandung, lintas suku dan agama menginap bersama selama 3 hari 2 malam pada tanggal 2-4 Juni 2023 untuk dibekali wawasan kebangsaan serta kesadaran bahwa merekalah generasi penerus Borneo.

Tidak hanya selesai dengan euforia dan keseruan kegiatan ini saja, setelah pulang ke daerah masing-masing ,pelajar dan mahasiswa ini insiatif bergerak ke desa-desa untuk membuat terobosan baru bagi kesejahteraan masyarakat.

Ansori Rahman sebagai wakil divisi Adopsi Kampung dari Yayasan Kemah Pelangi Borneo menyatakan ” Kami sebagai generasi muda asli Kalimantan disadarkan untuk melakukan banyak hal baru,terjun ke masyarakat dan punya dampak nyata” ujarnya penuh semangat.
Kami sedang fokus untuk membangun area desa wisata Sungai Obat dan membuat Taman Hutan Lokal” di desa Bahu Palawa, Kalimantan Tengah.

Mujahid pun selaku divisi Educational Development KPB bergerilya dengan mahasiswa berbagai kampus untuk mengajar anak-anak desa Bukit Rawi untuk bisa lebih fasih bicara bahasa inggris,memperdalam ilmu agama serta pengetahuan umum tentang Indonesia.

Lain lagi dengan Esintia selaku wakil divisi Social Project KPB ,bersama team KKN nya dari FMIPA UPR, Esintia membuka Posko Belajar RUAS JARI bagi anak-anak di desa Tumbang Talaken, memfasilitasi aneka buku serta mengadakan pemaparan tentang pencegahan Stunting bagi para ibu.

Sehingga acara YOUTH NUSANTARA CAMP 2023 bukan hanya sekedar kegiatan camp biasa tapi bisa melahirkan generasi yang SIAP BERDAMPAK maksimal bagi masyarakat Kalimantan. [ Eb,gw ]

Komentar

Berita Terkait