Taty : Peringatan Otonomi Daerah Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Merupakan Bentuk Pengakuan Pemerintah Pusat

beliangn Selasa, 2 Mei 2023 10:35:21 29

Pulang Pisau – Beliangnews, Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang mengatakan bahwa peringatan hari Otonomi Daerah ke-27 dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 merupakan sebuah momentum untuk melihat dinamika dan tantangan pemerintah setempat di masa mendatang, (2/5/2023)

Taty mengingatkan kepada jajaran di lingkungan pemerintah Pulang Pisau, penyelenggaraan pemerintah daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah yang salah satu tujuannya itu guna mendekatkan layanan kepada masyarakat serta meningkatkan daya saing daerah.

“Memaknai kebijakan otonomi daerah sebagai mekanisme, seperti penyelenggaraan pemerintah, dari pemerintah pusat, kepada pemerintah daerah melalui pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan tertentu secara mandiri,melalui pemberdayaan masyarakat dalam rangka tujuan akhir yaitu mengenai kesejahteraan masyarakat. Selain itu, otonomi daerah bisa membantu peran pemerintah setempat dalam menyelenggarakan sistem kepemerintahan atas dasar prakarsa, kreatif, dan peran serta masyarakat dalam rangka mengembangkan dan memajukan daerahnya”.

Sementara dalam peringatan Hardiknas Pudjirustaty berharap, kepada seluruh lapisan masyarakat setempat untuk bisa melahirkan generasi berprestasi. Dikatakannya, semangat Hardiknas harus bisa menerapkan sesuai dengan visi dan misi pemerintah. Hal ini bertujuan agar bisa melahirkan generasi muda Indonesia yang cerdas dan berkarakter. (RH)

Komentar

Berita Terkait