Selasa, 6 Desember 2022

Tanaman Jeruk Cocok Dikembangkan Di Desa Sei Hambawang

beliangn Senin, 27 Desember 2021 07:30:34 128

PULANG PISAU,Beliangnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Pertanian (Distan) setempat pada tahun 2022 mendatang, kembali memprogramkan pengembangan komoditas strategis, salah satunya melalui tanaman buah jeruk.

Kepala Distan Pulang Pisau, Slamet Untung Riyanto mengatakan, jeruk merupakan komoditas buah-buahan yang bernilai ekonomi tinggi yang permintaannya terus meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk.

Dari itu, katanya, pengembangan budidaya buah jeruk akan kembali disalurkan di wilayah kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini, khususnya di Desa Sei Hambawang, Kecamatan Sebangau Kuala melalui Kelompok Tani Jaya Bersama.

“Dalam pengembangan budidaya jeruk, Distan telah menyalurkan ribuan pohon bibit jeruk. Bantuan bibit yang kami (Distan) salurkan beberapa waktu lalu sebanyak 3.837 batang bibit jeruk, dimana bantuan tersebut kita serahkan langsung ke Kelompok Tani Jaya Bersama,” kata Slamet sapaan akrabnya kepada awak media, Senin (27/12/2021).

Slamet juga mengungkapkan, bantuan bibit jeruk yang disalurkan itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pulang Pisah tahun 2021 ini.

Menurutnya, Desa Sei Hambawang memiliki potensi yang cocok untuk menjadi pengembangan tanaman buah jeruk. Di samping itu, tambahnya, kemauan para petaninya sangat mendukung untuk melakukan budidaya tanaman tersebut.

Dengan itu, tambah Slamet, perlu adanya perhatian dan sinergitas antara berbagai pihak, tentunya dalam budidaya Jeruk di wilayah Desa Sei Hambawang.

“Kami berharap, Kelompok Tani Jaya Bersama mampu mengembangkan tanaman jeruk dan menjadi penghasilan bagi kelompok tani setempat,” ucapnya.(Ded/Pulpis)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait