Rakor Karhutla Agar Pulang Pisau Bebas Kabut Asap

beliangn Rabu, 24 Mei 2023 10:45:20 31

Pulang Pisau – Beliangnews, Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Reliasi dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menekankan pencegahan dan kesiapsiagaan personel agar terbangun kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni dalam pencegahan Karhutla sehingga Kabupaten Pulang Pisau bebas dari kabut asap.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan BPBD setempat ini dilaksanakan Aula Bappeda dan Litbang dihadiri FKPD, sejumlah kepala OPD, TNI, Polri, Camat, serta pihak terkait lainnya., 24/5/2023).

” Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menekankan pencegahan dan kesiapsiagaan personel agar terbangun kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni dalam pencegahan Karhutla sehingga Kabupaten Pulang Pisau bebas dari kabut asap”.

Lanjut Reliasi, dengan dilaksanakannya Rakor Karhutla di wilayah kabupaten setempat merupakan bentuk dari status kesiapsiagaan. Ada beberapa poin penting yang disampaikan diantaranya bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai upaya langkah awal untuk memadukan pencegahan dan kesiapsiagaan, mulai dari membangun komunikasi untuk meningkatkan kapasitas kesiapan dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah setempat.

Lanjut dijelaskannya, rapat koordinasi pengendalian Karhutla ini sekaligus bisa untuk menginventarisir seluruh program kegiatan pada OPD terkait dalam melakukan penyusunan perencanaan pengumpulan kapasitas din setiap daerah berupa data, informasi, sarana prasarana, dan logistik serta sumber daya manusia, baik dari lembaga pemerintah maupun non pemerintah.

“Dari beberapa poin tersebut bisa memberikan gambaran penting bahwa upaya pengendalian Karhutla memiliki manfaat besar bagi keberlangsungan ekonomi. Upaya pencegahan perlu dilakukan agar tidak menghancurkan aktifitas mata pencaharian masyarakat apabila terjadi kabut asap”ucapnya.(RH)

Komentar

Berita Terkait