Pudjirustaty Narang Ingatkan Dalam Peringatan Otonomi Daerah

beliangn Rabu, 17 Mei 2023 08:30:49 34

Pulang Pisau – Beliangnews, Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang mengatakan bahwa peringatan hari Otonomi Daerah ke-27 dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 merupakan sebuah momentum untuk melihat dinamika dan tantangan pemerintah setempat di masa mendatang, 2/5/2023.

Pudjirustaty mengingatkan kepada jajaran di lingkungan pemerintah setempat, penyelenggaraan pemerintah daerah merupakan bentuk pengakuan pemerintah pusat terhadap kemandirian daerah yang salah satu tujuannya itu guna mendekatkan layanan kepada masyarakat serta meningkatkan daya saing daerah.

“Memaknai kebijakan otonomi daerah sebagai mekanisme, seperti penyelenggaraan pemerintah, dari pemerintah pusat, kepada pemerintah daerah melalui pemberian kewenangan khusus untuk mengurus dan mengatur urusan tertentu secara mandiri”.

Menurut Pudjirustaty, melalui pemberdayaan masyarakat dalam rangka tujuan akhir yaitu mengenai kesejahteraan masyarakat. Selain itu, otonomi daerah bisa membantu peran pemerintah setempat dalam menyelenggarakan sistem kepemerintahan atas dasar prakarsa, kreatif, dan peran serta masyarakat dalam rangka mengembangkan dan memajukan daerahnya.

Sementara dalam peringatan Hardiknas Pudjirustaty berharap, kepada seluruh lapisan masyarakat setempat untuk bisa melahirkan generasi berprestasi. Dikatakannya, semangat Hardiknas harus bisa menerapkan sesuai dengan visi dan misi pemerintah. Hal ini bertujuan agar bisa melahirkan generasi muda Indonesia yang cerdas dan berkarakter.

Peringatan Hardiknas, lanjutnya, memiliki semangat adaptif dan tangguh dalam menghadapi perubahan zaman yang sangat pesat. Pudjirustaty Narang mengajak untuk menjadikan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, penuh dengan antusiasme dan gotong royong serta partisipasi publik.

Sebagai inspektur upacara, Pudjirustaty juga mengutip pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim dalam peringatan Hardiknas 2023. “Mari kita semua para pendidik dan tenaga pendidikan, seniman, dan pelaku budaya, jug peserta didik di seluruh penjuru nusantara, perjuangan harus kita teruskan agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita”.

Peringatan hari Otonomi Daerah ke 27 dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023 dilaksanakan pemerintah Kabupaten Pulang Pisau dalam upacara bersama di halaman kantor Sekretariat Daerah yang diikuti juga diantaranya Sekretaris (Sekda) Daerah Tony Harisinta, Ketua DPRD Ahmad Rifa`i, unsur Forkopimda, pimpinan OPD, pegawai dan sejumlah peserta didik pilihan. (RH)

Komentar

Berita Terkait