Peringati Hari Lingkungan Hidup, DLH dan Masyarakat Cintai Kelestarian Alam

beliangn Senin, 5 Juni 2023 07:30:34 37

Pulang pisau – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Hendri Arroyo melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Kerusakan Lingkungan Hidup Veronica Lenny Puspasari mengungkapkan memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia yang jatuh pada 5 Juni setiap tahunnya, DLH setempat mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peduli mencintai lingkungan dan melestarikan alam, 5/6/2013.

Veronica mengatakan, pada momen Hari Lingkungan Hidup ini tentunya bisa dijadikan kesempatan untuk meningkatkan kembali rasa kepedulian terhadap lingkungan yang lebih sehat dan bersih. Contoh membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon atau tanaman hijau di pekarangan rumah, serta mencegah emisi karbon hingga mengurangi penggunaan listrik berlebih.

Lanjut Veronica, ada hal yang harus diingat bahwa saat ini Kabupaten Pulang Pisau bisa dikatakan telah memasuki musim kemarau dan telah menetapkan status siaga darurat untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Antisipasi pencegahan Karhutla ini tentunya masyarakat tidak diperbolehkan membakar apapun ketika saat beraktifitas berkebun atau berada di sekitar hutan.

“Perlu diketahui oleh masyarakat di kabupaten setempat, bahwa kondisi bumi saat ini telah banyak mengalami perubahan. Mulai terjadinya perubahan iklim, kerusakan hutan, hingga menipisnya habitat satwa dan semua itu dikarenakan kurangnya rasa kepedulian manusia dalam menjaga lingkungan dengan baik”.

“Ada cara agar alam ini bisa kembali lestari yaitu perlu dilakukannya pembangunan berkelanjutan seperti melindungi, merestorasi, dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan. Mengelola hutan secara lestari, menghentikan penggurunan, memulihkan degradasi lahan, serta menghentikan kehilangan keanekargaman hayati”.

Veronica mengatakan untuk mendukung pelestarian alam di kabupaten setempat, tahun ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan DLH Pulang Pisau berencana melakukan kerjasama untuk membuat Program Kampung Iklim (ProKlim) disalah satu desa yakni Desa Mentaren I Kecamatan Kahayan Hilir.

“ProKlim merupakan program yang berlingkup nasional dan dikelola oleh KLHK dalam upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta penurunan emisi gas rumah kaca.Dibuatnya pilot project di salah satu desa ini, terang dia, adalah sebagai salah satu upaya adaptasi dan mitigasi terhadap terjadinya perubahan iklim khususnya yang ada di Kabupaten Pulang Pisau. Selain itu sebagai upaya menggerakkan edukasi kepada masyarakat agar bisa terus menjaga lingkungan sekitar yang lebih baik” (RH)

Komentar

Berita Terkait