Pengelolaan Sampah yang Benar Hindari Pencemaran Sampah

beliangn Selasa, 23 Mei 2023 10:42:42 34

Pulang Pisau – Beliangnews, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau Hendri Arroyo melalui mengatakan, melaluiKepala Bidang Pengelolaan Sampah Dan Limbah Berbahaya dan Beracun Irwansyah, (23/5/2023).Cara tepat menjaga ekosistem kelestarian alam adalah dengan melakukan pengolahan sampah.

Lanjut Irwansyah,Salah satunya melakukan daur ulang dengan memilah sampah organik maupun non organik dari rumah sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

“Menurutnya, upaya daur ulang atau pengelolaan sampah sederhana itu selain bisa membantu pendapatan penghasilan dengan cara menjadikan sampah yang lebih memiliki nilai harga jual. Contoh, bisa dijadikan aneka kerajinan tangan, pupuk, dan lainnya. Selain itu, pengelolaan sampah juga bisa mengurangi penumpukan sampah yang ada di Kabupaten Pulang Pisau setiap hari yang mencapai 4-7 ton sampah.

“Sampah yang dibuang masyarakat kebanyakan adalah sampah organik dan non organik. Untuk sampah non organik itu seperti bungkus kemasan plastik dan kaleng masih ditemukan setiap hari. Sampah ini sulit bisa terurai di dalam tanah sehingga penanganannya dilakukan secara khusus”ucap Irwansyah. (RH)

Komentar

Berita Terkait