Pemkab Pulang Pisau Perkuat Komitmen Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

beliangn Senin, 17 April 2023 08:33:56 32

Pulang Pisau – Beliangnews, Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang (11/4/2023) mengungkapkan sebagai upaya terus dilakukan pemerintah daerah dalam mewujudkan peningkatan pengelolaan persampahan yang lebih baik dan berkesinambungan sebagai target pembangunan berkelanjutan.

Dikatakan Pudjirustaty, koordinasi dan konsultasi bahkan mengajukan berbagai usulan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya telah dilakukan untuk mendapatan masukan dan bantuan sehingga kendala persoalan sampah di kabupaten setempat dapat segera teratasi.

Menurutnya, pengelolaan sampah yang baik dan bekelanjutan sangat berpengaruh kepada pencapaian target pembangunan di kabupaten setempat dan berdampak pada multisektor berbagai aspek di masyarakat. Baik dalam aspek ekonomi dan isu kesehatan serta berdampak pula pada penuruan angka angka kemiskinan dan pengangguran.

Pudjirustaty menjelaskan, pemerintah setempat terus berupaya memaksimalkan pengelolaan sampah dengan baik dan bekelanjutan memiliki peran penting. Hal ini tidak terlepas berkaitan dengan isu kesehatan seiring dengan laju pertumbuhan jumlah penduduk, sosial ekonomi, karateristik lingkungan, dan sektor lain di wilayah perkotaan.

Dirinya menyadari dalam pengeloaan sampah dengan baik di kabupaten setempat secara berkelanjutan sangat diperlukan peran dan partipasi lintas sektor, baik pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat. Pengelolaan sampah harus terintegrasi dengan berbagai sektor untuk mewujudkan pengelolaan sampah yang lebih baik.

Lanjut dikatakan Pudjirustaty, dalam pertemuan atau koordinasi bersama Direktorat Sanitasi Kementerian PUPR di Jakarta, dirinya juga memaparkan kondisi penanganan sampah di kabupaten setempat yang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat terkait peningkatan infrastruktur, sarana dan peralatan penunjang yang memadai, sehingga pengelolaan sampah yang baik tentu bisa memberikan banyak manfaat.

Direktur Sanitasi Ditjen Cipta Karya Kementerian Tanozisochi Lase memberikan apresiasi kepada Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang yang dating bersama rombongan untuk melakukan koordinasi dengan Ditjen Cipta Karya terkait penanganan sampah di kabupaten setempat.

Dikatakan Tanosisochi Lase, dalam hal ini pihak Kementerian PUPR melalui Direktur Sanitasi siap untuk membantu pendampingan, perencanaan, dan pengelolaan sampah agar dalam pelaksanaanya nanti lebih terarah sehingga sampah yang dikelola bisa bermanfaat dan menjadi alternatif untuk peningkatan ekonomi bagi masyarakat. (RH(

Komentar

Berita Terkait