Selasa, 6 Desember 2022

Pelatihan Peningkatan Ketahanan Pangan Bagi Masyarakat Sekitar Hutan, Dibuka Disnaker Pul Pis

beliangn Rabu, 9 November 2022 01:56:29 38

Pulang Pisau – Beliangnews, Kegiatan Pelatihan Peningkatan Ketahanan Pangan bagi Masyarakat Sekitar Hutan di laksanakan di Aula Bappedalitbang Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (09/11/2022) dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko dan dihadiri oleh Plt. Kepala Disnakertrans Provinsi Kalteng, Farid Wajdi, Bupati Pulang Pisau, Pudji Rustaty Narang, Kepala OPD serta peserta pelatihan.

Bersumber dari Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi (DBH DR) tahun 2022, Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Tengah bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Pulang Pisau menggelar Pelatihan Kejuruan Tata Boga.

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari 4 (empat) Desa di 2 (dua) Kecamatan, yakni Kecamatan Kahayan Hilir dilaksanakan di Desa Mantaren 1 dan Desa Gohong. Sedangkan dari Kecamatan Jabiren Raya dilaksanakan di Desa Pilang serta Desa Henda yang masing-masing Desa mengutus 20 orang peserta.

Saat dibincangi wartawan usai kegiatan, Farid Wadji menuturkan, bahwa kegiatan tersebut memang ditujukan khusus untuk masyarakat disekitar hutan dengan harapan masyarakat yang mengikuti pelatihan dapat mengolah berbagai hasil bumi yang ada dilokasinya.

“Untuk desa yang dilibatkan, sudah ditunjuk oleh Dinas Kehutanan Provinsi,” katanya.

Sedangkan poin kedua, lanjut Farid, terkait ketahanan pangan, diharapkan masyarakat sekitar hutan dapat berkreasi, sehingga nilai dari jenis makanan bakal meningkat, baik itu dari segi kwalitas, kuantitas serta dari keragaman yang peserta sajikan.

“Kalau biasanya mereka mengolah makanan secara biasa-biasa saja dengan bahan yang sama, maka dengan adanya pelatihan ini, semoga bisa meningkatkan nilai produktif untuk dijual ke pasar luas lagi,” imbuhnya.

Ditanya kenapa Kabupaten Pulang Pisau yang dipilih sebagai tempat pelatihan, Farid mengungkapkan, kegiatan DBH DR tahun 2022 itu baru sekali dilaksanakan dan pihaknya hanya menjalankan SK dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah dengan target desa terdekat.

“Setelah berkoordinasi dengan Disnakertrans Pulang Pisau, kita tetapkan empat desa ini. Dan kami bersyukur mendapat respon positif dari daerah maupun desa, sehingga acara ini bisa diselenggarakan,” ungkapnya.

Disisi lain Kepala Disnakertrans Pulang Pisau, Widi Harsono, ia mengucapkan terimakasih banyak kepada Disnakertrans Provinsi Kalimantan Tengah yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Pulang Pisau.

“Karena ini baru pertama, saya atas nama Kepala Disnakertrans Pulang Pisau mengimbau kepada para peserta agar mengikuti kegiatan selama lima hari ini dengan sungguh-sungguh. Mudahan, kegiatan seperti ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” (RH )

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait