Mewakili Sekda, Asisten I Hadiri Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Telabang 2022.

beliangn Jumat, 22 April 2022 08:00:03 65

PULANG PISAU,Beliangnews – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau, Tony Harisinta diwakilkan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pulang Pisau, HM Syaripul Pasaribu menghadiri Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Telabang 2022.

Kegiatan berlangsung di Halaman Mapolres Polres Pulang Pisau, Polda Kalteng, Jumat (22/4/2022) sore.

Tak hanya Sekda, Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Telabang tahun ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Kepala BPBD, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Perhubungan, Kasat Pol PP, Kwarcab Pramuka, Orari, unsur PJU beserta seluruh Personel Polres Pulang Pisau.

“Apel ini sudah menjadi agenda rutin pihak kepolisian, mengingat perayaan Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul, dan bersilaturahmi dengan keluarga, oleh karena kami dari Polres Pulang Pisau kembali digelar,” kata Kapolres Pulang Pisau, AKBP Kurniawan Hartono kepada awak media.

Membacakan poin amanat Kapolri Jendral Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si.
“Kapolres Pulang Pisau menyebut Apel ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2022 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, pemda dan unsur lainnya.

Kebijakan pemerintah untuk tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik telah ditanggapi dengan eforia. Ha ini dibuktikan berdasarkan hasil survey Badan Litbang Kemenhub RI, bahwa diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran.

Pergerakan masyarakat ini pun akan terkonsentrasi di wilayah Pulau Jawa dan Bali. Moda transportasi lebaran kali ini didominasi oleh jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi 47%, kendaraan umum 31%. Selanjutnya, jalur udara 10%, kereta api 10%, jalur laut 2%, dan lainnya 0,11%.

“Walaupun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali kita harus sikapi dengan tetap menjaga agar penyebarannya tidak mengalami peningkatan, tetap waspada dan tetap menjaga prokes dan kesehatan agar terhindar dari penularan virus tersebut,” tutur Kapolres saat membacakan poin amanat Kapolri.

Dijelaskannya, Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat ini dilaksanakan selama 12 hari, yakni dari 28 April sampai 9 Mei 2022, dan perlu diketahui, untuk wilayah Kabupaten Pulang Pisau sendiri terdapat 3 pos pengamanan antara lain Pos Terpadu Candi Laras, Pos Pengamanan Mintin dan Pos Pengamanan Pelabuhan Laut Bahaur.

“Siapkan mental dan fisik yang dilandasi oleh komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” pintanya.

Dia menambahkan, bagi para petugas di posko hindari sikap dan tindakan tidak simpatik dan arogan yang tidak mencerminkan karakter jati diri sebagai sosok pelindung pengayom dan pelayan masyarakat.

“Jadi, maksudnya tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas,” pesannya dengan tegas.

Sementara, perlu diketahui Perayaan Idul Fitri tahun ini Pemerintah memberikan izin pelaksanaan mudik yang diatur dalam Surat Edaran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) Pada Masa Pandemi Covid-19.(Ded/Pulpis)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait