Ketua Komisi 1 DPRD Intruksikan Gali PAD Pulang Pisau

beliangn Sabtu, 29 Juli 2023 06:59:10 30

Pulang Pisau, Beliangnews, – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pulang Pisau Tendean Indra Bella meminta agar pemerintah daerah lebih kreatif dan mendorong kepala organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menggali sumber-sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang memiliki potensi untuk ditingkatkan (29/07/2023).

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) itu bahwa Pemerintah Daerah harus lebih kreatif dan mendorong kepala OPD untuk menggali sumber-sumber PAD yang memiliki potensi untuk ditingkatkan.Banyak sektor PAD yang berpotensi ditingkatkan, seperti objek pajak dan retribusi daerah. Namun untuk bisa melaksanakan pemungutan pajak dari berbagai sektor yang berpotensi diperlukan pembentukan perda-perda baru atau dilakukan peninjauan kembali perda yang ada terkait penerimaan objek pajak dan retribusi daerah.

Lanjut Tendean Indra Bella, pembentukan perda-perda baru untuk meningkatkan jenis-jenis objek pajak dan retribusi daerah atau peninjauan kembali perda-perda yang ada terkait tarif dan objek pajak dan retribusi tersebut bisa sebagai upaya untuk memaksimalkan penerimaan sektor PAD. Dan mengharapkan agar Pemkab Pulang Pisau melalui OPD melakukan analisa terhadap realisasi penerimaan terhadap PAD yang tidak mencapai target atau realisasinya sangat rendah dan menjadi perhatian khusus.

Ditambahkan Tendean menyebut, bahwa khusus untuk pajak PBB dan BPHTB agar pemerintah daerah memperhatikan dan meningkatkan pengendalian intern terhadap kegiatan pemungutan pajak PBB sehingga uang pajak yang dipungut masuk daerah dengan utuh.

” Tentunya dengan mencari metode dan inovasi sehingga pembayaran pajak PBB dan BPHTB menjadi mudah, terjangkau dan murah biaya juga memberikan apresiasi tinggi kepada Pemkab Pulang Pisau atas capaian PAD pada semester 1 yang sudah terealisasi melebihi target yang ditentukan,capaian PAD pada semester satu yang sudah melampaui target ini terus ditingkatkan dengan menggali potensi PAD lainnya, ” harapan Tandean. (RH)

Komentar

Berita Terkait