Kedamangan Jabiren Raya Gelar Pertemuan Dengan Tokoh Adat,Tokoh Masyarakat, dan Ormas Dayak Kab.Pulang Pisau.

beliangn Jumat, 28 April 2023 08:30:47 511

PULANG PISAU, Beliangnews – Berdasarkan Surat Keputusan Damang Kepala Adat Kecamatan Jabiren Raya Nomor : 03 Tahun 2023 Tanggal 17, 18 dan 19 Mei 2023. dan Kegiatan serupa sudah pernah dilaksanakan pada tahun 2015, 2017 dan 2019. Tahun 2021 di tiadakan pelaksanaannya karena pandemi covid -19.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua komisi ll DPRD Pulang Pisau dari Fraksi PDI-P Yoppy Satriadi, Deddy Hermawan Ketua pemuda katolik, Damang Jabiren Raya Saiful, dan seluruh kerapatan mantir adat kecamatan Jabiren Raya, Ketua DPD Fordayak kab. Pulang Pisau Hermawan Mihing, Ketua DPD Perpedayak kab. Pulang Pisau Benny Diktus, Komandan Batamad DPK Jabiren Raya Supian Hadi, tokoh adat Jabiren Raya, dan penggiat seni budaya dayak kab. Pulang Pisau, Disbudpar Kab.Pulang Pisau, Jum’at (28/4/2023).

Tujuan kegiatan tersebut agar dapat Meningkatkan kerjasama dan kebersamaan Lembaga Adat Kedamangan dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa maupun Iintas sektor, Pengurus Sanggar Seni dan Tari, Sekolah-sekolah yang ada di lingkungan Kecamatan Jabiren Raya dalam rangka menumbuh kembangkan seni dan budaya, dan Kepariwisataan di Kecamatan Jabiren Raya pada khususnya serta Kabupaten Pulang Pisau dan Provinsi Kalimantan Tengah pada umumnya.

Melestarikan masakan tradisional masyarakat Dayak Kalimantan Tengah, Melestarikan olahraga tradisional masyarakat Dayak Kalimantan Tengah, Memperkenalkan kearifan budaya lokal, Sebagai wadah bagi seniman untuk dapat menampilkan kreatifitas khas masing-masing daerah sehingga dapat memotivasi untuk terus berkreatifitas dan berprestasi Sebagai sarana promosi budaya dan pariwisata Kabupaten Pulang Pisau di Provinsi Kalimantan Tengah.

Yang bertujuan untuk para Seniman dan budayawan lokal di Kecamatan Jabiren Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah, Masyarakat Kecamatan Jabiren Raya pada umumnya, dan Para wisatawan dari Kabupaten Pulang Pisau maupun dari Provinsi serta tidak menutup kemungkinan wisatan dari luar Provinsi Kalimantan Tengah, Kegiatan dilaksanakan di Desa Jabiren bertempat di dari tanggal 17, 18 dan 19 Mei 2023, kegiatan berlangsung di Balai Adat Kecamatan Jabiren Raya Jalan Lintas Trans Kalimantan Poros Selatan Palangka Raya – Banjarmasin.

Jenis lomba yang di laksanakan antara lain, Lomba memasak tradisional masyarakat Dayak Kalimantan Tengah berbahan dasar singkah dan masakan bertemakan kandas. Lomba Mangenta, Lomba Karungut, Lomba Lagu Daerah Kalimantan Tengah, Lomba Lawang Sakepeng, Lomba Mangaruhi, dan Lomba Tari Daerah 6 Peserta masyarakat Kecamatan Jabiren Raya yang meliputi, Utusan dari desa se-Kecamatan Jabiren Raya, Utusan dari Sanggar Tari maupun Sanggar Ukir di Kecamatan Jabiren Raya, Utusan Sekolah (SMP dan SMA) yang ada di lingkungan Kecamatan Jabiren Raya, Seniman dari wilayah Kabupaten Pulang Pisau dan Provinsi sebagai undangan pengisi acara.

Pada kesempatan yang sama Damang Jabiren Raya Saiful, berharap dengan ada nya kegiatan “Mengatang Utus” jilid ke-4 di tahun 2023 ini para pemuda-pemuda dayak berminat dan tetap bersemangat dengan adanya pentas seni ini kita dapat memperlihatkan atau mempertunjukan kemampuan dalam mengangkat adat, seni dan budaya kita Dayak, dan untuk pentas ini nantinya kita berharap peserta-peserta nya yang memang memiliki keahlian dan pengetahuan dalam seni, adat dan budaya Dayak antara lainnya seperti Karungut, seni tari, lawang sakepeng dan lainnya.”Damang Jabiren Raya pun menghimbau kepada pemuda pemudi Dayak mari kita bekerja sama, bergabung bersama sama dan belajar mengangkat adat, seni budaya kita Dayak agar bisa di kenal tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya. (Ded)

Komentar

Berita Terkait