Kecamatan Maliku Gelar Musrenbang RKPD,Perencanaan Tahun Anggaran 2024.

beliangn Senin, 13 Februari 2023 01:37:25 284

PULANG PISAU,Beliangnews – Bupati Pulang pisau Pudjirustaty Narang,melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Pulang Pisau, Tony Harisinta Pimpin Musyawarah perencanaan pembangunan atau Musrenbang Tingkat Kecamatan Se Kabupaten Pulang Pisau, Kegiatan Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan Maliku,untuk perencanaan Tahun anggaran 2024-2026 yang berlangsung di aula kantor kecamatan Maliku, Senin (13/2/2023).

Acara dihadiri Ketua DRPD Pulang Pisau,H.ahmad Rifa’i, Wakil Ketua l DPRD Pulang Pisau, H.Fadli Rahman, S.Ag,Sekda Pulang Pisau, perwakilan Kapolsek Maliku, perwakilan Danramil, camat Maliku, pejabat di lingkungan Pemkab Pulang Pisau, kepala desa, anggota BPD, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan tokoh pemuda dan seluruh peserta Musrenbang.

Musrenbang ini merupakan forum antar pelaku pembangunan dalam rangka menyusun rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kabupaten Pulang Pisau tahun 2024-2026.Pelaksanaannya pun,bertujuan untuk mendapatkan masukan awal dalam proses penyusunan RKPD, sinkronisasi agenda dan prioritas perangkat daerah sebagai teknis pelaksana program atau kegiatan daerah,”ungkap Sekda Tony Harisinta,Saat membacakan poin sambutan Bupati Pulang pisau.

Dan nantinya untuk pelaksanaan program atau kegiatan tersebut tentunya memerlukan dukungan pendanaan, baik yang bersumber dari APBD kabupaten, APBD provinsi maupun APBN, Musrenbang tingkat kecamatan ini merupakan agenda lanjutan dari pelaksanaan Musrenbang Desa yang telah dilaksanakan pada beberapa waktu lalu. Dimana, hasil dari rekapitulasi pada pelaksanaan Musrenbang Desa harus menjadi dasar dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan ini, sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan,”Lanjutnya.

Dan untuk hasil Musrenbang tingkat kecamatan akan menjadi bahan kerja dalam forum perangkat daerah, Kemudian hasil dari forum perangkat daerah akan menjadi bahan kerja dalam Musrenbang RKPD kabupaten, Sementara usulan pada Musrenbang mulai tingkat desa, kelurahan, kecamatan masih didominasi usulan skala prioritas mencakup bidang infrastruktur, ekonomi, sosial budaya dan pemerintahan.

Program dan kegiatan yang di laksanakan pada tahun 2024-2026 harus tetap berdasarkan usulan kegiatan dari tingkat desa sehingga,terpenuhi kebutuhan masyarakat berdasarkan prioritas dan urgensinya, dan untuk perangkat Daerah harus saling bersinergi satu sama lain nya dalam pembangunan atau pemecahan masalah yang bersifat lintas sektor agar dapat efektif dan efisien serta konsistensi kegiatan pembangunan sehingga tercapai keberlanjutan dan tidak ada nya pembangunan yang mangkrak,”himbaunya.

“Dan agar para camat lebih tanggap terhadap situasi dan kondisi di kecamatannya dengan terus berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait, Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) kecamatan Maliku saya nyata kan di buka dan selamat melaksanakan Musrenbang tingkat kecamatan tahun 2023. dengan penuh kebersamaan dan tanggung jawab demi terwujudnya pulang pisau yang inovatif, maju, berkeadilan dan sejahtera,” tutupnya. (Ded)

Komentar

Berita Terkait