Senin, 30 Januari 2023

Kasus Stunting di Kab.Pulang Pisau,Terus Mengalami Penurunan.

beliangn Kamis, 5 Januari 2023 07:31:12 146

PULANG PISAU,Beliangnews – Stunting masih menjadi permasalahan kesehatan yang dihadapi anak-anak di Indonesia. Pasalnya, prevalensi stunting di Indonesia menurut hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 sebesar 24,4 persen,Angka ini melebihi ketentuan yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu di bawah 20 persen.

Menanggapi hal tersebut Pemerintah menargetkan angka prevalensi kekerdilan atau stunting pada tahun 2024 berada di bawah 16 persen,kabupaten Pulang Pisau berhasil menurunkan 2,2 persen angka stunting per tahunnya. Jika ini terus berlanjut, angka stunting di Pulang Pisau pada tahun 2024 akan lebih rendah dari target Nasional 16 persen,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau, dr Pande Putu Gina, Rabu (04/01/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau menjelaskan saat ini angka stunting di Kabupaten Pulang Pisau hasil SSGI tahun 2021 sebesar 20 persen,”Saya lihat itukan kita bisa menurunkan 2,2 persen per tahun. Hitungannya dalam 2 tahun ini kita bisa menurunkan 4,4 persen sehingga nantinya angka stunting kita akan berada dibawah target nasional,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Pulang Pisau juga mengungkapkan untuk mewujudkan hal tersebut memang tidak mudah, tentunya diperlukan kerja sama semua pihak baik perangkat Daerah, lembaga hingga masyarakat Kabupaten Pulang Pisau,Tentunya kita akan berada dibawah terget nasional jika semua pihak mendorong penurunan stunting di pulang Pisau diatas 2,2 persen setiap tahunnya.

Selain mendorong penurunan stunting di wilayah yang bertajuk Bumi Handep Hapakat itu, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah Pulang Pisau baik dari sarana prasarana kesehatan hingga tenaga kesehatan,Kita juga terus melakukan peningkatan layanan kesehatan di wilayah Pulang Pisau. Tahun 2023 ini kita mendorong peningkatan Akreditasi Puskesmas yang ada di wilayah Pulang Pisau,” pungkasnya.(Ded)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait