Senin, 30 Januari 2023

Disperindagkop dan UKM Pulang Pisau di Tahun 2023,Genjot Tiga Program Urgent.

beliangn Jumat, 13 Januari 2023 07:03:04 129

PULANG PISAU,Beliangnews – Di tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) akan melaksanakan beberapa kegiatan yang bersifat urgent atau mendesak,Ada tiga program kegiatan yang akan kita laksanakan di tahun ganjil ini. Itu sebagaimana yang sudah dibahas pada APBD murni pada tahun kemarin (2022),” ujar Elieser Jaya Kadisperindagkop dan UKM Pulang Pisau kepada awak media, Kamis (12/1/2023) di ruang kerjanya.

Ketiga program tersebut yakni, kegiatan memaksimalkan produk lokal yang nantinya akan dilakukan sosialisasi untuk pemanfaatan P3DN yang berkenan dengan memaksimalkan potensi lokal untuk bisa digunakan oleh masing-masing pemerintah provinsi dengan porsi tingkat komponen dalam negeri atau TKDN nya 40 persen dari tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang melibatkan koperasi, UMKN dan pelaku usaha di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini.

Ini sesuai arahan bapak Presiden. Nanti sosialisasinya akan melibatkan teman-teman dari LPSE dan Bappeda, yang narasumbernya langsung dari P3DN pusat dan BPKP,
Kemudian, lanjut Elieser sapaan akrabnya, untuk program kedua terkait inflasi. Dimana, katanya, di tahun 2022 kemarin Provinsi Kalimantan Tengah mengalami penurunan kisaran 5,8 persen. Oleh karenanya akan dilaksanakan kembali pasar penyeimbang sesuai yang diamanatkan kepada dinas dalam hal penanganan inflasi.

Tahun ini akan dilaksanakan menjelang lebaran di tujuh titik, Kecamatan Sebangau Kuala, Kahayan Kuala,Pandih Batu, Maliku, Jabiren dan Kahayan Hilir, khusus Kahayan Hilir nanti akan dilaksanakan di dua titik. Sedangkan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru 2023) akan dilaksanakan di empat titik, Kecamatan Kahayan Tengah, Banama Tingang dan Kahayan Hilir,”ungkapnya.

Untuk program ketiga kita akan melakukan kegiatan intensif pendampingan untuk pelaku 10 usaha mikro dan koperasi (pembinaan dan pendampingan) dengan harapan dari 10 pelaku ini dapat berkesinambungan dari tahun ke tahun, sehingga dapat berkembang dengan baik,” pungkasnya.(Ded)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait