Diskominfostandi Pulang Pisau Harmonisasi  forum  satu  data  statistik

beliangn Kamis, 10 Juni 2021 09:32:51 24

Pulang Pisau – Beliangnews,Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kabupaten Pulang Pisau Mohc Insyafi (mengatakan forum satu data statistik sektoral bertujuan untuk harmonisasi dalam pengumpulan, mengkoordinasikan, menyepakati kesatuan data, dan penyelesaian permasalahan data, dalam penyelengaraan basis satu data terpadu di kabupaten setempat.

Dikatakan Insyafi, dengan adanya forum satu data Indonesia tingkat Kabupaten Pulang Pisau ini, berbagai permasalahan data yang sering dihadapi di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat diselesaikan dengan harapan dapat tercapainya sebuah kesepakatan, kesatuan, dan harmonisasi data dalam upaya ketersediaan data seluruh OPD dan instansi vertikal di lingkungan pemerintah setempat.

Kepala OPD sebagai produsen data diharapkan dapat mengumpulkan data statistik sektoral dan informasi yang dibutuhkan sehingga proses perencanaan dan evaluasi pembangunan berjalan dengan baik, ucap Insafi.

Insyafi mengungkapkan, melalui tata kelola data dengan baik, forum satu data ini nantinya menghasilkan sebuah data yang akurat, mutakhir, dan terpadu serta dapat dipertanggungjawabkan menjadi akses data antar instansi, baik pusat maupun di daerah. Pemanfaatan data bukan hanya bersifat internal antar instansi, tetapi juga untuk pemenuhan data publik di masyarakat.

“Terkait dengan dikeluarkanya INFO SI TATI atau singkatan dari Informasi Data Statistik dan Sektoral di kabupaten setempat adalah merupakan sumber data yang berasal dari seluruh OPD maupun badan/instansi vertikal di lingkungan pemerintah setempat yang disajikan dalam video animasi data dan infografis. Data ini dipublikasikan lewat website resmi pemerintah daerah serta publiksi lainnya, seperti melalui radio dan media sosial,”tutur Insafi.(Romi/Pulpis)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait