Dinkes Pulang Pisau, Peringati Hari Hipertensi Sedunia,ini Ucap dr. Pande

beliangn Selasa, 23 Mei 2023 11:38:25 94

Pulang Pisau , Beliangnews.id.- Hari Hipertensi Sedunia atau World Hypertension Day, diperingati setiap tangga 17 Mei setiap tahunnya, dan pada tahun 2023 ini mengangkat tema global Measure Your Blood Pressure Accurately, Control It, Live Longer.

Dimana, tema tersebut fokus untuk memerangi tingkat kesadaran masyarakat yang rendah dalam mengukur tekanan darah secara rutin, terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah, dr. Pande Putu Gina menerangkan mengukur tekanan darah secara rutin menjadi salah satu langkah penanganan hipertensi yang paling efektif Selasa, (23/5/2023).

Lanjut dr. pande,Hipertensi sering disebut ‘the silent killer’ karena sering tanpa keluhan, sehingga penderita tidak tahu kalau dirinya mengidap hipertensi, tetapi kemudian mendapatkan dirinya sudah terdapat penyakit penyulut atau komplikasi dari hipertensi. Mendiagnosis dan mengobati hipertensi dengan cepat dapat mengurangi risiko serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

“Dia menyebut, hipertensi merupakan kondisi tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke, yang juga menjadi salah satu penyebab kematian dini di dunia.Diketahui bahwa hanya sepertiga penderita hipertensi (36,8%) yang terdiagnosis oleh tenaga kesehatan dan hanya 0,7% yang meminum obat”.

“Hipertensi bisa dicegah dengan mengatur pola makan sehari-hari. Dimulai dari membatasi konsumsi gula dan konsumsi garam menjadi kurang dari 5 gram per hari atau 1 sendok teh per hari,Dikatakan dr Pande, pada saat memasak perlu dibatasi konsumsi daging berlemak dan minyak goreng. Sebagai pengganti dari daging berlemak, konsumsilah ikan sedikitnya 3 kali seminggu untuk mencukupi kebutuhan protein dan lemak tubuh”.

Ditambahkan dr. Pande,menu buah-buahan dan sayuran menjadi 5 porsi (400-500 gram) per hari, dan rutinlah mengecek tekanan darah kita, serta apabila sudah ada gejala segeralah minum obat hipertensi secara teratur, sesuai resep dokter. (RH)

Komentar

Berita Terkait