Bupati Pudjirustaty Narang bersama Kajati Kalteng Pathor Rahman Pulang Pisau Pudjirustaty Narang saat meresmikan Balai Rehabilitasi Napza Kejaksaan Negeri Pulang Pisau di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten

beliangn Rabu, 13 September 2023 07:16:59 52

BELIANGNEWS .ID.Pulang Pisau– Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kalimantan Tengah (Kalteng) Pathor Rahman beserta Asisten Tindak Pidana Umum meresmikan Balai Rehabilitasi Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (Napza) Kejaksaan Negeri Pulang Pisau di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (14/9).

“Penegakan hukum tindak pidana narkotika saat ini menempatkan penyalahguna narkotika sebagai korban dan sebagai konsekuensi logis, maka negara harus bertanggung jawab untuk menyediakan fasilitas balai rehabilitasi,”kata Kajati Kalteng Pathor Rahman.

Dia menjelaskan, Jaksa Agung RI menerbitkan Pedoman Jaksa Agung Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Penyelesaian Penanganan Perkara Tindak Pidana Narkotika melalui Rehabilitasi dengan Pendekatan Keadilan Restoratif Sebagai Pelaksanaan Asas Dominus Litis.

Lebih lanjut ia menerangkan, rehabilitasi dimaksudkan untuk memulihkan penyalahguna narkotika, dengan harapan setelah selesai menjalani rehabilitasi. Penyalahguna dapat pulih dari ketergantungan terhadap narkotika, pulih secara fisik, mental dan dapat diterima kembali di lingkungan sosialnya.

“Untuk itu, Jaksa Agung menginstruksikan kepada segenap jajarannya untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah beserta unsur forkompimda guna tersedianya fasilitas balai rehabilitasi,” bebernya.

“Besar harapan saya agar kejari se Kalimantan Tengah yang belum membentuk Balai Rehabilitasi penyalahgunaan Napza, segera bersinergi dengan pihak terkait khususnya pemerintah daerah setempat. Agar segera diwujudkan pembentukan balai rehabilitasi tersebut,” ungkapnya.

Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dalam sambutannya mengatakan peresmian Balai Rehabilitasi Narkotika Kejaksaan Negeri Pulang Pisau ini, merupakan langkah penting dan strategis bagi para korban penyalahgunaan narkotika.

“Acara ini menggambarkan komitmen kita bersama untuk memberikan perhatian dan dukungan bagi mereka yang berjuang melawan ketergantungan narkotika. Dalam konteks ini, bukan hanya sebuah bangunan, namun simbol dari harapan dan momen dimulainya perjalanan baru bagi mereka yang telah berani mengambil langkah pertama menuju pemulihan,” bebernya.

Ia mengharapkan dengan peresmian ini, dapat membantu dalam meminimalisir penyalahgunaan narkotika di Pulang Pisau dan sekitarnya.

“Semoga balai ini menjadi tempat yang dapat membantu individu-individu yang berjuang untuk kembali ke jalan yang benar dan membangun hidup yang produktif dan bermakna kembali. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan dan peresmian balai ini. Semoga usaha ini memberikan manfaat yang luas dan berkelanjutan bagi masyarakat Pulang Pisau,” ucap bupati. ( RH )

Komentar

Berita Terkait