Jumat, 9 Desember 2022

BLT-DD Masih menjadi Program Desa Anjir Pulang Pisau di Tahun 2022

beliangn Kamis, 7 Juli 2022 01:40:34 303

PULANG PISAU,Beliangnews – Kepala Desa Anjir Pulang Pisau, Budung mengatakan, dalam rangka mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pihaknya kembali menyalurkan program perlindungan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa atau BLT-DD.

“Iya, untuk tahun 2022 ini kita (Desa Anjir Pulang Pisau) masih fokus pada program PEN melalui BLT-DD,” ujarnya kepada media, Kamis (7/7/2022) di ruang kerjanya.

Dijelaskan Budung, program BLT-DD sendiri diperuntukkan bagi masyarakat desa yang memenuhi kriteria tertentu antara lain keluarga miskin dan sebagainya yang belum mendapat bantuan sosial dari pihak pemerintah.

“Adapun besaran BLT tahun ini sama seperti tahun lalu sebesar Rp300.00,- per bulan per KPM, dan diberikan setiap bulan selama setahun (12 bulan),” ungkapnya.

Dikatakan Budung, Dana Desa juga digunakan untuk mendukung program ketahanan pangan dan hewani serta penanganan peningkatan kesehatan masyarakat, termasuk penurunan stunting dan penanganan Covid-19 di wilayah desa.

Selain itu, Dana Desa dimanfaatkan untuk program pembangunan infrastruktur desa dengan mengutamakan penggunaan tenaga kerja dan bahan baku lokal, dan program pengembangan desa sesuai dengan potensi dan karakteristik desa.

“Namun untuk tahun ini kemungkinan untuk pembangunan infrastruktur di desa masih belum dapat dilaksanakan karena ada regulasinya. Jadi, fokus kita masih pada program BLT-DD meski pandemi Covid-19 melandai,” bebernya.

Ia berharap, kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Desa Anjir Pulang Pisau untuk tetap menjaga protokol kesehatan, karena pandemi Covid-19 masih belum dinyatakan aman.

“Juga kepada para petani, memasuki musim kemarau agar tidak membakar lahan dengan tidak terkontrol. Itu mengantisipasi terjadinya karhutla,” tutupnya.(Deddy/Pulpis)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait