Alhamdulillah,Walau pandemi Covid -19 Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Pulang Pisau Meningkat 2,69 Persen

beliangn Rabu, 21 April 2021 08:38:22 240

Pulang Pisau – Beliangnews.id. – Tahun 2020 sampai dengan tahun ini memasuki bulan keempat tahun 2021 bangsa kita Indonesia masih mengalami Pandemi Covid-19.Alhamdulillah pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pulang Pisau meningkat 2,69 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik Pulang Pisau, OO Suharto di ruang kerjanya Selasa,20/04/2021menyampaikan, Kabupaten Pulang Pisau pertumbuhan ekonominya meningkat 2,69 persen dan menjadi Kabupaten Kedua setelah Gunung Mas dalam Pertumbuhan Ekonomi tertinggi se Kalimantan Tengah.

“Pertumbuhan ekonomi itu didukung dari sektor tanaman pertanian, perkebunan, perdagangan, serta industri pengolahan, yang mana masih ditopang oleh industri CPO atau Perkebunan Sawit.Pulang Pisau juga didukung dari sektor Galian Pasir dan Pertambangan Emas Rakyat, karena sempat naik harganya sehingga cukup signifikan dampaknya terhadap pertumbuhan ekonomi kita Tahun 2020 yang lalu,”

“Adapun untuk angka kemiskinan, Kabupaten Pulang Pisau masuk pada peringkat ke lima terendah sebesar 4,09 persen dari seluruh wilayah Kalimantan Tengah, atau dapat disimpulkan bahwa Pulang Pisau Kabupaten terbaik serta tidak tinggi dalam angka kemiskinan”.

“Sektor yang terkena imbas atau kontraksi selama masa pandemi hingga sekarang meliputi bidang jasa konstruksi, rumah makan minuman, penginapan, jasa transportasi akomodasi, dan jasa-jasa lainnya,”

Lanjut OO Suharto,sensus penduduk Kabupaten Pulang Pisau tahun 2020 didominasi generasi muda sebesar 67 persen dan itu merupakan 5 persen dari struktur penduduk Kalimantan Tengah.Sampai saat ini Pulang Pisau masih dapat dikatakan stabil dalam kondisi perekonomiannya, sekalipun nampak sepi di beberapa sektor jasa itu tadi, karena untuk mengumpulkan orang banyak sangat tidak disarankan, agar tidak menyebabkan klaster terbaru”.

“Untuk diketahui, bahwa pada tahun 2021 DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) akan diupdate kementrian sosial melalui dinas sosial di seluruh wilayah kabupaten dan kota,”tutupnya OO Suharto.(Romi/Pulpis)

Komentar

Berita Terkait