Selasa, 6 Desember 2022

1.389 KK Terdampak Banjir di Pulang Pisau, 43 KK Mengungsi admin 77

beliangn Selasa, 22 November 2022 09:04:59 42

Beliangnews – Pulang Pisau, Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau Osa Maliki (21/11/2022) mengungkapkan banjir yang terjadi sejak tanggal 14 November 2022 mengakibatkan sebanyak 1.389 Kepala Keluaga (KK) atau sebanyak 4.927 jiwa terdampak banjir.

Lanjut Osa Maliki Selain itu sekitar 86 unit rumah warga, satu fasilitas kesehatan, sembilan unit bangunan sekokah, tiga rumah ibadah di tiga kecamatan dan 11 desa juga terdampak banjir.

Osa Maliki menjelaskan berdasarkan data TRC BPBD setempat bahwa di Kecamatan Banama Tingang banjir yang melanda sebanyak enam desa yakni Desa Ramang, Hurung, Hanua,Tambak, Pahawan dan Tangkahen masih relatif kondusif. Ketinggian debet air berkisar antara 25 – 50 centimeter, namun untuk Desa Tambak ada satu rumah ibadah dan dua fasilitas pendidikan terendam banjir.

“Kecamatan Kahayan Tengah terdapat dua desa terdampak yakni Desa Penda Barania dan Desa Tanjung Sangalang dengan ketinggian air mencapai 100 centimeter. Beberapa fasilitas umum Desa Penda Barania juga ikut terendam, diantaranya gedung sekolah, dua rumah warga, dengan satu KK mengungsi. Untuk Desa Tanjung Sangalang ada dua gedung sekolah, satu rumah ibadah dan 25 unit rumah warga terendam, akses jalan yang terendam sepanjang 700 meter, dan sebanyak 31 KK telah mengungsi”.

Tambah Osa Maliki,untuk Kecamatan Jabiren Raya yakni Desa Tanjung Taruna ketinggian debit air mencapai 115 centimeter dengan sekitar 10 Kepala Keluarga (KK) atau sebanyak 31 jiwa mengungsi,tiga sekolah, Pustu, tempat ibadah, sebanyak 41 rumah warga terendam, serta akses jalan sepanjang 4,5 kilometer ikut terendam,

“Selanjutnya Desa Tumbang Nusa sebanyak tiga kepala keluarga atau enam jiwa telah mengungsi, satu sekolah dan 32 rumah terendam. Banjir juga mulai merendam jalan Trans Kalimantan dengan ketinggian air 10 centimeter, sebanyak tujuh warga mulai terserang penyakit seperti batuk dan pilek. Untuk Desa Pilang yang terdampak sebanyak 399 KK,tutur Osa.(RH)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait