RIBUAN PASUKAN BATAMAD IKUTI APEL KAPAKAT DI BUKIT BATU KASONGAN

beliangn Senin, 29 Januari 2024 11:00:16 223

KASONGAN,BELIANGNEWS –  Dalam rangka mensukseskan Pemilu Tahun 2024 yang sebentar lagi dihelat pada bulan Februari tahun ini, ribuan pasukan Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (BATAMAD) dari seluruh kabupaten di Kalimantan Tengah mengelar Rapat kerja(Raker) di taman wisata Bukit Batu(Senin/29/1/2024).

Adapun raker pasukan Batamad termasuk dari Provinsi Kalsel menghadiri rapat kerja sekaligus APEL KAPAKAT BATAMAD ke-2 yang digelar di tempat wisata Bukit Batu Kasongan Sabtu, 27 Januari 2024 kemarin

Tema raker dan apel BATAMAD tahun ini yaitu “Perkuat Persatuan Masyarakat Adat Dayak dan Sukseskan Pilpres dan Pileg dengan tertiba, aman dan damai”.
Apel dipimpin oleh Panglima BATAMAD Kalteng Yuandrias, dengan komandan upacara Yang dipimpin Ahmad Yani.

Yuandrias,”selaku Panglima BATAMAD Kalteng dalam pidatonya menyampaikan, agar seluruh anggota BATAMAD se-Kalimantan Tengah menyukseskan. dan turut menjaga keamanan pelaksanaan Pilpres dan Pileg.
Yuandrias juga meminta agar masyarakat Dayak dapat bersatu dan menjadi subyek/obyek pembangunan di Kalimantan Tengah.

Panglima juga menjelaskan bahwa BATAMAD adalah lembaga adat untuk menegakkan hukum adat dan merupakan organisasi paramiliter dengan struktur Panglima (Provinsi), Danbrig (Kabupaten), Danzona (Kecamatan) dan Dantim (Desa).

Panglima BATAMAD meneriakan yel-yel “DAYAK SATU KOMANDO” yang dijawab dengan semangat oleh seluruh pasukan BATAMAD “DAYAK…DAYAK… DAYAK”

Panglima BATAMAD Kalteng dalam kesempatan Apel tersebut, memasangkan Rompi dan Baret BATAMAD kepada Pj Bupati Katingan Saiful, S.Pd., M.Si yang hadir bersama FORKOPIMDA dan jajarannya, tokoh Adatdan tokoh ormas disambut dengan upacara adat Potong Pantan.

Dengan hal yang sama Panglima BATAMAD juga menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada Pj Bupati Katingan dan jajarannya yang telah membantu dan memfasilitasi sehingga Raker dan Apel dapat berjalan dengan sukses,,ucap Yuandrias (TD)

Komentar

Berita Terkait