Kodim 1019/Ktg Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

beliangn Minggu, 1 Oktober 2023 05:50:41 903

BeliangNews.id.,Kasongan,-Memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2023, Kodim 1019/Ktg menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, bertempat di Makodim 1019/Ktg Jl. Achmad Yani Komplek Perkantoran Kereng Humbang, Kel. Kasongan Lama, Kec. Katingan Hilir, Kab. Katingan. (Minggu 1/10/2023).

Dandim 1019/Ktg Letnan kolonel Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han. bertindak langsung selaku Inspektur Upacara menyampaikan seusai pelaksanaan Upacara tersebut bahwasanya Hari Kesaktian Pancasila adalah sebuah momen penting dalam sejarah Indonesia yang mengingatkan kita akan kekuatan dan esensi dari Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima prinsip utama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Hari Kesaktian Pancasila menggarisbawahi pentingnya mempertahankan dan mengamalkan prinsip-prinsip ini.

“Esensi dari Hari Kesaktian Pancasila mencakup beberapa hal penting salah satunya adalah dengan mengenang para Pahlawan yang berjuang keras demi kemerdekaan dan keutuhan negara Indonesia, terutama dalam peristiwa G30S/PKI pada tahun 1965 yang menantang Pancasila. Hari ini juga mengingatkan kita akan pengorbanan mereka dalam mempertahankan ideologi Pancasila.” ujarnya.

Lebih lanjut lagi menurut Dandim 1019/Ktg, Hari Kesaktian Pancasila merupakan kesempatan untuk merenungkan tantangan dan ancaman terhadap Pancasila di masa kini dimana seluruh masyarakat Indonesia harus berkomitmen untuk melindungi dan mempertahankan Pancasila dari ideologi yang bertentangan atau ancaman-ancaman eksternal.

“Hari Kesaktian Pancasila memainkan peran penting dalam mengingatkan kita akan esensi dan nilai-nilai dasar Pancasila sebagai pondasi negara Indonesia, dengan menggelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diharapkan dapat semangat kebersamaan yg dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila. Mari kita bulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia agar Indonesia tetap kuat dan bersatu.” pungkasnya. (MDKTG)

Komentar

Berita Terkait