Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Katingan semakin meningkat

beliangn Rabu, 4 Oktober 2023 01:25:19 291

BeliangNews.id.,Katingan,- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terus terjadi di wilayah Kab. Katingan, Kalimantan Tengah. Personel Babinsa Kodim 1019/Ktg bersama BPBD, Damkar, KPHP dan Relawan wilayah Katingan sampai detik ini masih berupaya untuk menangani titik-titik api yang terus bermunculan. Kebakaran ini terjadi hampir merata di seluruh wilayah dengan prosentase peningkatan yang cukup signifikan setiap harinya. (Selasa, 03/10/23)

Menurut laporan lapangan, terdapat beberapa kendala diantaranya adalah medan yang cukup sulit dijangkau dengan kendaraan bermotor dimana akses jalan sulit bahkan tidak ada sama sekali. Selain itu, titik-titik api tersebut sulit dipadamkan karena sumber air yang terbatas bahkan tidak ada akibat dari musim kemarau yang berkepanjangan.

Dandim 1019/Katingan Letkol Inf Anggun Wuriyanto, S.H., M.Han. menyampaikan “Kemarau kering yang berkepanjangan membuat personel Tim Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di lapangan cukup kesulitan mendapatkan akses air untuk pemadaman api. Segala upaya sudah dikerahkan namun api masih sangat sulit untuk dipadamkan.”

“Banyaknya titik Api yang masih bermunculan membuat pergerakan Satgas Gabungan Karhutla dari Kodim, BPBD, Damkar, Polres dan Relawan sangatlah terbatas, hingga seringkali hanya bisa memotong jalur api yang menyebar ke pemukiman warga dan arah jalan raya.” ujarnya.

“Harapan yang sangat dinantikan yaitu turunnya hujan agar bencana kebakaran hutan dan lahan ini dapat segera selesai dan aktifitas kembali normal.” pungkas Dandim(MDktg)

(Pendim 1019/Ktg)

Komentar

Berita Terkait