Selasa, 28 September 2021

Betapa Pentingnya Disiplin Menerapkan Gerakan 5M Dimasa Pandemi

beliangn Kamis, 1 April 2021 12:34:46 68

Pulang Pisau – Beliangnews.id. –  Meningkatnya pasien terkonfirmasi positif covid-19 di kabupaten Pulang Pisau dalam satu pekan terakhir menjadi perhatian serius semua pihak, tidak terkecuali dari Ketua DPRD Kabupaten Pulang Pisau H Ahmad Rifai S., Kom.

H Ahmad Rifai S., Kom.tidak bosan – bosannya mengajak kepada warga wasyarakat meningkatkan disiplin protokol kesehatan (Prokes), yakni gerakan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, menjaga jarak dan membatasi mobilisasi guna memutus mata rantai penyebaran covid-19.
“ Dari tanggal 25 hingga 30 Maret kemaren, di kabupaten Pulang Pisau pasien terkonfirmasi positif covid-19 bertambah 56 kasus. Tentunya ini menjadi warning bagi kita semua, betapa pentingnya disiplin dalam menerapkan gerakan 5M untuk mencegahnya ”, kata Ahmad Rifai Kamis, (01/04/2021).

“Menurutnya, selain telah dikeluarkannya Keputusan Bupati Pulang Pisau Nomor 196 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro, juga telah dikeluarkan Himbauan Bupati Pulang Pisau Nomor 254/443/KES-PP/3-2021 tanggal 23 Maret 2021 sehingga diharapkan bisa menekan Penyebaran COVID-19”.

Ahmad Rifai mengatakan, dalam pelaksanaannya masih perlu sinergitas serta penajaman dan penguatan di beberapa aspek. bukan hanya itu, pada tempat yang sama, ketua komisi I DPRD kabupaten Pulang Pisau Tandean Indra Bella menyampaikan, Dalam keadaan saat ini, sepertinya masyarakat sudah mulai jenuh dan sulit dilakukan pembatasan apalagi di sektor ekonomi.

“ Hal yang terpenting dilakukan adalah memperkuat sosialisasi dan penegakan disiplin agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan,perlu adanya penguatan dalam membangun kepekaan terhadap krisis di masyarakat bahwa kondisi pandemi COVID-19 masih belum dapat dikendalikan dan mengawasi kecenderungan di masyarakat mengabaikan rotokol kesehatan.

“Ditambahkannya, Perlu adanya pembangunan secara masif gerakan 5M dengan melibatkan seluruh unsur elemen masyarakat sampai di tingkat paling bawah untuk mengawasi dan mengkampayekan gerakan 5M tersebut. Sekarang tinggal penerapannya dilapangan dan yang perlu diperhatikan dampak ekonomi dari penerapan PKM Berbasis Mikro ini ” ujar Rifai.(Romi/Pulpis)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait