Wagub Kalteng H. Edy Pratowo menghadiri Apel Gelar Pasukan dan Sarana Prasarana Kebakaran Hutan dan Lahan di Wilayah Prov Kalteng 

beliangn Jumat, 16 Juni 2023 11:35:46 86

Palangka Raya,BeliangNews .id. – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) menghadiri Apel Gelar Pasukan dan Sarana Prasarana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Wilayah Prov. Kalteng tahun 2023, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (16/6/2023).

Apel Gelar Pasukan dipimpin oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia (RI) Mayjen TNI Suharyanto. Dalam amanatnya, Mayjen TNI Suharyanto menyampaikan beberapa hal yang menjadi perhatian, pertama, menyikapi kondisi cuaca tahun 2023 yang berbeda dengan kondisi tiga tahun sebelumnya, BMKG sudah memberikan prediksi bahwa pada tahun 2023 ini akan mengalami musim kemarau yang lebih panjang dari pada tahun-tahun sebelumnya termasuk di Prov. Kalteng.

“Meskipun kita lihat relatif masih turun hujan, tetapi yakinlah di masa akan datang, pada minggu-minggu yang akan datang, berdasarkan prediksi BMKG cuaca akan lebih banyak kemaraunya apabila dibandingkan tahun 2022, 2021 dan 2020”, tutur Mayjen TNI Suharyanto.

Lebih lanjut disampaikan, terkait dengan Karhutla, Prov. Kalteng termasuk enam provinsi prioritas yang menjadi pusat perhatian semua sebagai bangsa. Disamping, Kalteng ada Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Jambi, Riau dan Sumatera Selatan.

“Siklus tiga tahunan terkait Karhutla jatuhnya di tahun 2023”, imbuhnya Arahan Kepala BNPB RI Pada Apel Gelar Pasukan dan Sarana Prasarana Karhutla di Provinsi Kalteng Tahun 2023 Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo saat mendampingi Kepala BNPB RI melakukan pengecekan sarana dan prasarana penanganan karhutla

Pada kesempatan ini, Mayjen TNI Suharyanto mengajak seluruh stakeholders untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan agar kejadian yang pernah terjadi di tahun 2015 dan 2019, tidak terjadi lagi di tahun 2023 ini.

Kedua, di Prov. Kalteng terbukti sampai hari ini, BNPB mencatat sudah lebih dari 1.037 titik api yang sudah muncul yang tersebar di kabupaten-kabupaten yang beberapa bulan lalu mengalami banjir seperti Kotawaringin, Katingan dan Pulang Pisau.

“Ini tandanya perubahan cuaca sangat cepat, beberapa bulan yang lalu kita berhadapan dengan banjir, bulan-bulan depan kita berhadapan dengan kebakaran hutan dan lahan”, tambahnya.

Terakhir, mengingat bencana Karhutla bukan kali ini saja dihadapi, diharapkan kepada seluruh stakeholders yang mengikuti apel agar bersama-sama menyatukan pikiran, tindakan, kegiatan, untuk sama-sama bersatu padu dengan bekerja sama antara Pusat dan Daerah agar kompak dan yakin dapat mengendalikan Karhutla.

“Kita utamakan pencegahan sebelum api besar. Karena kalau api sudah besar, meskipun BNPB bantu dengan helikopter misalnya, dengan teknologi modifikasi cuaca, tapi kalau sudah terlanjur besar maka akan berat”, tekannya.

Diminta seluruh peserta Apel untuk mengambil langkah gerak, bersatu padu padamkan api agar tidak menjadi besar.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BNPB RI Mayjen TNI Suharyanto menyerahkan bantuan untuk penanganan Karhutla dan diterima secara simbolis oleh Wakil Gubernur Kalteng untuk didistribusikan kembali ke pemerintah kota dan pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng. Bantuan yang diberikan berupa alat suntik gambut sebanyak 27 unit, flexibel tank 27 unit, pompa jinjing 81 unit, Nozzle 135 unit dan selang ukuran 1,5 inchi 1.350 unit. Selanjutnya dilakukan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana pemadam kebakaran.

Sebagai informasi, usai menggelar Apel Gelar Pasukan, Pemprov Kalteng Pemprov Kalteng bersama BNPB RI menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng.

Apel gelar pasukan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng Abdul Razak, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng, serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. Hadir juga Bupati/Walikota se-Kalteng, Unsur Forkopimda kabupaten/Kota se-Kalteng, Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Damkar Kabupaten/Kota se-Kalteng serta Peserta Apel yang terdiri dari TNI/Polri maupun para. [ Gunawan,Eb.***]

Komentar

Berita Terkait