Senin, 17 Januari 2022

Program Prioritas yang Ditangani Dinsos Provinsi Kalteng di Tahun 2022

beliangn Kamis, 6 Januari 2022 09:16:59 147

PALANGKA RAYA, -BeliangNews Sejumlah program prioritas yang melekat di Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), tidak jauh berbeda dengan program pada tahun-tahun sebelumnya.

Dimana, pada tahun 2022 ini Dinas sosial Kalteng kembali memprogramkan penanganan permasalahan sosial dan bencana, contohnya seperti bencana alam, penanganan orang telantar, orang miskin, disabilitas, lansia termasuk penanganan gepeng dan lain sebagainya.

“Ya, pada umumnya Dinas sosial Kalteng programnya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelum nya, seperti menangani permasalahan sosial termasuk masalah bencana,” ujar Plt Kadinsos Kalteng, Dr. H. Noor Halim, S.Pd, M.Pd saat diwawancarai awak media ini, Kamis (6/1/2022).

Diterangkannya, di dalam menjalankan programnya dinas sosial sendiri, baik tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing memiliki kewenangan yang berdasarkan aturan yang berlaku dari kementerian sosial atau kemensos.

“Program yang dijalankan dinas sosial, baik provinsi maupun kabupaten tetap mengacu para aturan yang ada. Artinya, antara provinsi, kabupaten saling berkoordinasi,” ucap Noor Halim.

Ia menambahkan, program Dinas sosial, khususnya Dinas sosial Provinsi juga menangani permasalahan bantuan sosial, seperti penyaluran PKH dan lain sebagainya. Yang terbaru diluncurkan pd tahun 2021 kemaren adalah Program Lumbung Sosial dari Kemensos, untuk penanganan terhadap darurat kebencanaan, seperti penyediaan bahan pangan, sembako, perlengkapan dapur, makanan siap saji, selimut, kasur, obat-obatan, terpal, tenda, perahu karet dll.

Pd tahun 2021 kemaren telah di tetapkan oleh Kemensos, Lumbung Sosial di Provinsi Kalimantan Tengah
Di 4 Kabupaten/Kota, yaitu Kota Palangka Raya 4 Titik Lokasi, Kab. Kotim 4 Titik lokasi, Kab. Katingan 4 Titik lokasi dan di Kab. Pulan Pisau 4 Titik lokasi. Utk tahun 2022 ini akan kita usulkan penambahan lagi di beberapa kabupaten yg kita anggap rawan terhadap bencana banjir, tanah longsor, kebakaran hutan/lahan/pemukiman dll …

Kesemua program tsb.selaras dan menunjang Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah. Sesuai arahan Gubernur Kalimantan Tengah – H. Sugianto S., Dinas Sosial diminta beliau harus bergerak cepat dan merespon secara peka terhadap permasalahan kebencanaan maupun permasalahan sosial yg terjadi di Provinsi Kalimantan Tengah sesuai dengan kewenangannya.

“Program ini kami sampaikan secara umum saja, tetapi ini dirasa cukup untuk disampaikan ke publik,” tutupnya.(M.Candra.A.ma)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait