Mendag RI Zulkifli Hasan beserta rombongan sidak di Pasar Besar Kota Palangka Raya, Sabtu didampingi Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin

beliangn Sabtu, 3 Juni 2023 02:54:18 116

Palangka Raya ,BeliangNews .id. – Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag RI) Zulkifli Hasan didampingi Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga sejumlah komoditas di pasar besar Palangka Raya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan harga barang kebutuhan pokok secara umum di Pasar Besar, Palangka Raya, Kalimantan Tengah pada Sabtu, menjelang Idul Adha terpantau stabil dan stok cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Harga bapok (barang kebutuhan pokok) di Pasar Besar terpantau stabil dan stok tersedia. Walaupun ada kenaikan harga daging ayam ras, sejumlah komoditas bapok lainnya terpantau turun,” ujar Zulkifli melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Dari hasil pantauan di Pasar Besar Palangka Raya, harga rata-rata eceran barang kebutuhan pokok yang tercatat stabil dibandingkan minggu lalu yaitu beras medium Bulog Rp9.500/kilogram dan gula pasir Rp15.000/kilogram. Kemudian, minyak goreng curah RP14.000/liter, MinyaKita Rp15.000/liter, minyak kemasan premium Rp22.500/liter, daging sapi Rp145.000/kilogram, kedelai Rp17.000/kilogram, dan cabai rawit merah Rp40.000/kilogram.

Komoditas kebutuhan pokok yang harganya terpantau turun dibandingkan minggu lalu yaitu telur ayam ras Rp32.000/kilogram, bawang merah Rp38.000/kilogram, tepung terigu Rp13.000/kilogram, cabai merah keriting Rp50.000/kilogram, cabai merah besar Rp40.000/kilogram, dan bawang putih kating Rp36.000/kilogram.

Sedangkan komoditas yang harganya mengalami sedikit kenaikan dibandingkan minggu lalu yaitu beras medium menjadi Rp14.000/kilogram serta daging ayam ras menjadi Rp49.000/kilogram.

Menyikapi kenaikan harga daging ayam ras, Zulkifli Hasan menyatakan akan melihat kembali dalam waktu 2-4 minggu ke depan. Menurutnya, sudah hampir tiga bulan harga daging ayam ras dijual Rp32.000/kilogram atau di bawah harga acuan di tingkat eceran yang ditetapkan sebesar Rp36.750/kilogram dan peternak ayam berbulan-bulan rugi.

“Sekarang memang agak mahal. Pelan-pelan saya akan urus agar harganya normal kembali dalam setengah bulan hingga satu bulan ke depan dan memberi kesempatan kepada peternak ayam,” kata Zulkifli Hasan

Zulkifli Hasan menegaskan harga barang kebutuhan pokok yang ideal adalah yang harganya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu murah.

Mendag Zulkifli Hasan Bahkan dia juga memborong daging ayam potong 10 bungkus untuk masyarakat yang sedang berbelanja di salah satu pedagang yang sudah menunggu dari subuh dini hari tadi.

Dan Selain itu juga  Mendag  Zulkifli Hasan Mengatakan Harga jangan ditekan terus. Kalau ditekan terus, nanti orang-orang tidak akan kerja, yang sedang saja. Jadi, pemerintah mengatur agar harga tidak terlalu tinggi, tidak terlalu rendah,” unkapnya Mendag  Zulkifli Hasan. [ Gunawan ]

 

Komentar

Berita Terkait