Jumat, 9 Desember 2022

Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah Melaksanakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Bakti Adyaksa Ke-62 Tahun 2022

beliangn Jumat, 22 Juli 2022 04:03:35 152

Palangka Raya,,Beliangnews – Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah melaksanakan Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Bakti Adyaksa ke 62 Tahun 2022 yang berlangsung di Lapangan Sepakbola Adhyaksa Kejati Kalteng,Jumat (22/7/2022).

Dalam peringatan yang mengangkat tema “Kepastian Hukum, Humanisn Menuju Pemulihan Ekonomi” bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah Iman Wijaya,SH.M.Hum.

Upacara diikuti oleh Wakajati Kalteng Dr.Siswanto,SH.MH Pejabat Utama Kejati Kalteng,Seluruh pegawai Kejati Kalteng serta Kajari Palangka Raya dan jajaran,Kajari Katingan dan Jajaran,dan Para Purna Adhyaksa.

Jaksa Agung Republik Indonesia ST Burhanuddin dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kajati Kalteng Iman Wijaya, mengatakan“Tema Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-62 Tahun 2022 adalah “KEPASTIAN HUKUM,HUMANIS MENUJU PEMULIHAN EKONOMI”.

“Tema tersebut merupakan wujud kepekaan Kejaksaan melihat dinamika bangsa dan negara saat ini, serta menunjukan optimisme Kejaksaan dalam berperan menghadirkan penegakan hukum yang memberikan kemanfaatan luas dan menunjang kebangkitan ekonomi Indonesia.

Kepastian hukum yang humanis adalah penegakan hukum yang dilakukan dengan memperhatikan keadaan sekitar dan memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat secara proporsional, tetapi bukan berarti tunduk pada tekanan, namun cermat dalam menyerap nilai keadilan yang tumbuh di masyarakat.

“Karena hukum ditegakan dengan akal pikir, dan keadilan diasah dengan hati nurani. Oleh karena itu seluruh aparat penegak hukum harus senantiasa menempa keterampilan hukum dan nilai-nilai keadilan,agar hukum yang adil dapat ditegakan dengan sempurna.

Seorang jaksa harus terus mengasah hati nurani agar mampu menyeimbangkan segala aspek hukum,baik tertulis maupun tidak tertulis dengan jernih sebagai landas pijak setiap tindakan,serta sering saya sampaikan kepada saudara sekalian,jangan pernah mencari rasa keadilan di dalam buku,melainkan temukan rasa keadilan di dalam hati nurani kalian.

Selesai pelaksanaan upacara peringatan HBA Ke 62,kemudian dilanjutkan acara syukuran memperingati HBA Ke 62 dengan pemotongan nasi Tumpeng,pemotongan Kue Ulang Tahun HBA ke-62 yang di hadiri oleh seluruh pegawai Kejati Kalteng,Kejari Palangka Raya dan Kejari Katingan.

Acara berlangsung sederhana namun penuh makna dari nasi Tumpeng yang disuguhkan dan pemotongan nasi Tumpeng yang di berikan kepada pegawai tertua dan pegawai termuda pada Kantor Kejati Kalteng.(Lusi,Th/.Raya)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait