Kapolda Kalteng Hadiri Pembukaan Ritual Balian Adat Dayak.

beliangn Selasa, 27 Desember 2022 05:47:01 97

Palangka Raya ,BeliangNews– Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Drs. Nanang Avianto, M.Si. menghadiri acara pembukaan Ritual Balian Nampung Sahur, Maluput Hajat, Palus Mampendeng Balai Keramat Raja yang digelar oleh masyarakat adat Dayak, bertempat di Rumah Betang Hapakat, Jl. R.T.A. Milono Km.3,5. ,Kota Palangka Raya, Selasa (27/12/2022) siang.

Yang Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Danrem 102 Panju Panjung, Kajati Kalteng, dan Ketua Dewan Adat Dayak, serta turut dihadiri unsur forkopimda dan para peserta acara Ritual Balian. Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kalteng menyampaikan bahwa kehadirannya merupakan wujud dukungan Polri terhadap kelestarian nilai-nilai budaya dan adat istiadat daerah.

Kegiatannya nanti akan diisi berbagai ritual adat Dayak Hindu Kaharingan oleh para Basir atau Balian yang mampu berhubungan dengan roh-roh gaib penjaga alam mengunakan Bahasa Sangiang.

“Harapan kami, melalui kegiatan ini nilai-nilai budaya dan adat istiadat yang ada di Provinsi Kalteng dapat selalu dijaga dan dilestarikan,” ungkap Kapolda. Sementara itu, Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol K. Eko Saputro, S.H., M.H. menambahkan dalam acara ritual Balian ini juga turut dimeriahkan dengan kejuaraan catur tingkat Provinsi Kalteng yang bertajuk “Nataru Cup I 2022”.

“Kejuaraan ini diikuti sebanyak 183 pecatur dari seluruh Kabupaten di Kalteng dan dimulai tanggal 27 sampai 29 Desember 2022, dengan dua katagori yang diperlombakan, yakni kategori catur cepat untuk umum dan beregu untuk pemuda dan remaja Gereja,”( trp) 

Komentar

Berita Terkait