Senin, 29 November 2021

Kalteng Gelar Pameran Seni Rupa Bataring Art exhibition#2

beliangn Senin, 18 Oktober 2021 06:31:22 23

Palangka Raya – Beliangnews.id.Sangar Bataring Mengadakan Pameran sini rupa di Kalimantan Tengah menggelar pameran Seni Rupa Bataring Art exhibition#2 dengan tema ‘perupa merdeka berkarya’ dilaksanakan di Gedung Seni UPT Taman Budaya alangka Raya Kalimantan tengah.

Adapun Acara Pameran Seni Rupa berjalan dari Tanggal 11 Oktober – 16 Oktober 2021 tersebut menghadirkan beberapa pegiat seni budaya kalimantan tengah serta diikuti dari Ditjen Kebudayaan Kemendikbutristek.

Dalam sambutanya Sekretaris Ditjen kebudayaan Kemendikbutristek RI, Fitra Arda menyampaikan bahwa program pemerintah yang bertujuan untuk menjadi stimulus bagi masyarakat dalam menggerakkan roda ekosistem kebudayaan di masa pandemi saat ini.

Lanjut Fitra, program ini hadir untuk membantu para budayawan dimasa pandemi, untuk tetap berkarya meskipun perlu dilakukan penyesuaian, sekalipun melakukannya melalui pesan daring.

Kepala Geleri Nasional Indonesia Pustanto, kegiatan pemeran seni budaya bertujuan memberikan manfaat dalam memfasilitasi kreativitas para perupa kalimantan tengah, mengembangkan pewacanaan serta geliat aktivitas kesenian yang mengarah pada kemajuan seni rupa indonesia.

“Semoga pameran ini dapat memberikan sajian yang informatif, edukatif dan rekreatif bagi masyarakat secara luas, serta bisa dapat mengapresiasi dalam karya karya yang akan dalam pameran ini untuk mendapatkan inspirasi serta motivasi mengembangkan sesuai keahlian di bidang masing masing,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah Guntur Talajan, menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan Bataring Art Exhibition#2.Dan sangat mengapresiasikan atas terselenggaranya event ini karena ini merupakan salah satu bentuk kreatifitas para seniman dalam upaya menggali potensi dan kemampuan serta terus ikut meningkatkan seni budaya kalimantan tengah khususnya dalam bidang seni dengan memberikan banyak masukan serta nasehat kepada panitia penyelenggara agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Sangat menyambut positif terhadap kegiatan tersebut, yang mana kegiatan tersebut banyak merangkul para seniman, praktisi, akademisi baik di kalimantan tengah maupun di luar kalimantan tengah,ucap Guntur Talajan.

Ditempat yang sama Suraji Kepala UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah sangat mendukung adanya kegiatan Bataring Art Exhibition#2,dan sangat mensupport penuh kegiatan ini sebagai bukti dukungan kami kepada sanggar seni dan budaya Bataring maka kami memberikan ruang seluas luasnya Gedung seni dan budaya untuk digunakan demi kelancaran kegiatan dengan tetap memperhatikan protokol ketat sesuai dengan peraturan gugus Covid yang berlaku.

Ketua Panitia Sanggar Batang Garing Donny, menyampaikan ada beberapa lomba yang dilaksanakan dalam kegiatan Bataring. Antara lain yaitu, lomba Tari Kreasi Mandau, lomba Musik Etnik Modern, seminar Berkarya di tengah pandemi, mandau dan seni topeng serta pameran seni rupa, perupa merdeka berkarya.

“Berharap kegiatan tersebut dapat menginspirasi serta menggugah para seniman, pemerhati budaya, praktisi, serta akademisi agar bangkit dan terus berkarya walau dalam kondisi pandemi seperti saat ini dan ke depannya semakin banyak komunitas seni yang bisa ikut menikmati program pemerintah khususnya kalimantan tengah agar bisa setara dengan provinsi lain”,tutup Donny.(Trp/Palangka Raya)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait