Festival Budaya Isen Mulang Tema Saluang Murik Secara Resmi Di Buka Oleh Staf Gubernur YUAS ELKO, S.Sos., M.Si Tahun 2023

beliangn Minggu, 21 Mei 2023 10:45:11 86

Palangka Raya,BeliangNews .id. – Dalam Rangka Acara Acara Kegiatan Pembukan.acara Festival Budaya Isen Mulang Tema Saluang Murik yang Lestarikan dan Cintai Budaya Kalteng Melalui Acara Sendratari Saluang Murik
Saluang Murik merupakan tema dari acara Sendratari yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Kalteng Tahun 2023 di Jalan Temanggung Tilung XIII, pada hari Minggu (21/5/2023) malam.

Mengelar Acara Kegiatan Pembukan.acara Festival Budaya Isen Mulang Tema Saluang Murik merupakan Yang Dilaksankan di UPT Taman Budaya Kalteng di Jalan Temanggung Tilung XIII. 

Adapun Kepala UPT Taman Budaya Kalteng, Wildae Desyanthy Binti mengatakan Saluang Murik memiliki arti ikan-ikan yang pulang, bermaksud untuk memanggil para insan muda dan anak-anak yang memiliki hobi menari, menyanyi, beat box, hip-hop dan lain sebagainya untuk bersama-sama bergabung untuk menggiatkan seni asli dari Kalimantan Tengah. Kita rangkul mereka untuk sama-sama tampil diatas panggung. Kegiatan seperti ini akan kita adakan setiap 3 (tiga) bulan sekali dengan tema yang berbeda. Ada kurang lebih 15 (lima belas) sanggar yang ikut dalam acara Sendratari, terdiri dari beberapa sanggar seni budaya baik seni tari, seni musik, vokal dan theater.

Kadis Disbudpar  Kalteng Adiyah Chandra Sari, dalam kata sambutannya mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini dalam rangka melestarikan dan mencintai seni budaya yang dimiliki daerah Kalteng. Selain itu juga turut serta memeriahkan Festival Budaya Isen Mulang yang akan diselenggarakan mulai dari tanggal 22 27 Mei 2023. Sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Festival Budaya Isen Mulang, maka kegiatan ini kami adakan, Unkanya Kadis Disbudpar  Kalteng Adiyah Chandra Sari.

Dalam Acara Kegiatan ini juga Hadir Pula Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah YUAS ELKO, S.Sos., M.Si yang mewakili Gubernur Kalteng sekaligus juga  membuka kegiatan tersebut. Dalam Sambutannya. Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah YUAS ELKO, S.Sos., M.Si menyampaikan bahwa kegiatan Sendratari merupakan perwujudan cipta dan karya parta seniman daerah yang dilandasi nilai luhur budaya bangsa berdasarkan Pancasila yang bercorak Bhinneka Tunggal Ika, serta berwawasan Nusantara.

Diharapkan kegiatan ini mampu menggugah dan memberi dorongan motivasi bagi para pelaku seni untuk lebih giat membangun dan meningkatkan kreativitas seni budaya Di Kalteng dalam rangka menarik para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kalteng, “imbuhnya.

YUAS ELKO, S.Sos., M.Si juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja keras semua pihak hingga terselenggaranya acara. Pemerintah Prov. Kalteng Selalu terus berupaya dengan memberikan perhatian yang besar terhadap pembinaan dan pengembangan seni budaya daerah, mendorong dinamisasi seni sehingga lebih bermakna dan dapat berkontribusi demi pembangunan daerah.Uacap Pungkas YUAS ELKO, S.Sos., M.Si Staf Ahli Gubernur Kalteng. [.Mrt,Eb Gunawan ]

Komentar

Berita Terkait