Senin, 29 November 2021

Mari Bijak dan Cerdas dalam pengunaan medsos

beliangn Selasa, 23 November 2021 03:07:54 89

KAPUAS,Beliangnews – Satbinmas Polres Kapuas menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertemakan bijak dan cerdas dalam penggunaan Media Sosial (medsos) guna menjaga stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, kegiatan tersebut berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Selasa (23/11/2021).

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti yang diwakili oleh Kasat Binmas Iptu Jimin, Narasumber dari Diskominfo Kabupaten Kapuas Gusti Mahfudz, Narasumber dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Agung Eka Aryasa dan Narasumber dari Kanit Idik II Sat Reskrim Polres Kapuas Aipda Stevanus Gerung. Kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Kabupaten Kapuas, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.

Kasat Binmas Iptu Jimin yang mewakili Kapolres Kapuas dalam sambutan tertulis menyampaikan bahwa saat ini media sosial menjadi seolah tidak terpisahkan dari warga yang hidup di era millennial, para pengguna sekarang bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog jejaring sosial, wiki forum dan dunia virtual.

SAMPAIKAN – Gusti Mahfudz selaku narasumber dari Diskominfo saat menyampaikan materinya dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertemakan bijak dan cerdas dalam penggunaan media sosial (medsos) guna menjaga stabilitas kamtibmas yang kondusif, kegiatan tersebut berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Selasa (23/11/2021).

“Salah satu hal yang paling utama dan harus diperhatikan dalam menggunakan media sosial adalah bagaimana kita melindungi hal-hal berbau privasi agar tidak diketahui oleh banyak orang,” tegas Jimin.

Lebih lanjut ia bepesan agar masyarakat sebagai penikmat media sosial sudah seharusnya bisa memfilter informasi yang disajikan lewat media sosial dan bersikap bijak dalam menggunkan sosial media karena jika tidak mungkin hal yang tidak diinginkan bisa terjadi.

Kasat Binmas Iptu Jimin, para narasumber serta seluruh ormas yang hadir berfoto bersama dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertemakan bijak dan cerdas dalam penggunaan media sosial (medsos) guna menjaga stabilitas kamtibmas yang kondusif, kegiatan tersebut berlangsung di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Selasa (23/11/2021).

Dikesempatan yang sama, Gusti Mahfudz selaku narasumber dalam materinya menyampaikan tentang berbagai macam cara membedakan berita fakta dan hoax serta tips bijak dalam penggunaan media sosial. “Jangan terlalu mudah percaya pada informasi yang disebarkan, jaga etika dalam bermedia sosial, filter atau saring informasi yang akan dibagikan dan jangan bagikan informasi atau data pribadi anda secara mudah di media sosial,” jelas narasumber dari Diskominfo tersebut.

Hal senada juga disampaikan Agung Eka Aryasa narasumber dari FKUB Kabupaten Kapuas yang mana ia menjelaskan materi tentang eksitensi FKUB dalam memelihara kerukunan umat beragama melalui media sosial. “FKUB berharap dengan perkembangan media sosial yang ada saat ini, agar kita lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan hasil karya yang bisa mengajak himbauan bijak dan cerdas bermedsos disemua kalangan,” harap Agung Eka Aryasa

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi dari Kanit Idik II Sat Reskrim Polres Kapuas Aipda Stevanus Gerung yang mana materi yang disampaikan lebih menekankan tentang penanganan tindak pidana siber (Hoax dan Hatespeech) dalam undang-undang ITE.

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi dari para perserta dan ditanggapi oleh narasumber yang mana memberikan wawasan baru, ide dan kritik yang membangun.(Ded/kapuas)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait