Minggu, 26 September 2021

Politikus PKS Nilai Algoritma Internet Perlu Diatur di RUU PDP

beliangn Kamis, 12 November 2020 02:30:54 56

Jakarta – Anggota Komisi I DPR RI Sukamta menilai penggunaan algoritma internet perlu diatur dalam RUU Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) untuk melindungi privasi warga negara. Dia menilai penggunaan algoritma di platform media sosial seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, YouTube, dan Line bisa mengetahui pola suatu masyarakat sampai bisa mempengaruhi perilaku hidup mereka.

“Hal itu berpotensi menjadi masalah ketika digunakan untuk menginvasi privasi warga negara. Oleh karena itu, kita sangat perlu mengatur hal ini dalam RUU PDP,” kata Sukamta di Jakarta, Rabu, 11 November 2020.

Hal itu dikatakan Sukamta terkait film berjudul “The Social Dilemma” yang berisi pandangan dari para mantan pegawai dan eksekutif perusahaan raksasa teknologi dan media sosial seperti Facebook, Google, YouTube, Twitter, Instagram, hingga Pinterest.

Film ini menggambarkan betapa “seramnya” teknologi internet dan media sosial karena semua data aktivitas yang dilakukan di internet diawasi, direkam, dan diukur oleh sistem algoritma yang telah dirancang sedemikian rupa untuk memata-matai kehidupan manusia.

 

sumber: https://nasional.tempo.co/read/1404331/politikus-pks-nilai-algoritma-internet-perlu-diatur-di-ruu-pdp/full&view=ok

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait