Food Estate di Kalimantan Tengah Akan Dibangun di Lahan Bekas Transmigran

beliangn Kamis, 12 November 2020 02:22:50 33

Jakarta – Pemerintah mulai menggeber pembangunan food estate di Kalimantan Tengah tahun ini. Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bidang Ekonomi dan Investasi, M. Zainal Fatah, mengatakan proyek food estate atau lumbung pangan akan difokuskan di lahan bekas transmigran.

“Kami sudah pernah membangun di areal ini, namun lama ditinggal transmigran karena mereka berpindah tempat,” ujar Zainal dalam acara Capital Market Summit and Expo yang ditayangkan secara virtual pada Selasa, 20 Oktober 2020.

Zainal menerangkan pembangunan food estate memang memanfaatkan lahan yang potensial. Dengan begitu, ia memastikan pemerintah tak perlu menyediakan lahan baru, melainkan merevitalisasi spot-spot yang sudah tersedia.

Berdasarkan peta rencana PUPR, food estate bakal ditempatkan di lahan aluvial Sekolah Lapang Petani Gambut (SPLG) seluas 165 ribu hektare. Pemerintah akan menanami lahan ini dengan tanaman padi untuk memperkuat ketahanan pangan dan mendongkrak produktivitas lahan pertanian.  

 

sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1397684/food-estate-di-kalimantan-tengah-akan-dibangun-di-lahan-bekas-transmigran/full&view=ok

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait