Senin, 17 Januari 2022

Sangkai Kambang,Adat dan Budaya Suku Dayak Ngaju.

beliangn Kamis, 6 Januari 2022 03:36:03 71

KUALA KAPUAS,Beliangnews – Sangkai Kambang atau Sangkai duit dan Hajamuk dalam acara adat Suku Dayak Ngaju merupakan tradisi adat dan budaya masyarakat yang sangat jarang dilaksanakan di Kota besar, namun diwilayah hulu pedalaman masih tetap dilestarikan hingga saat ini sebagai bentuk budaya handep atau gotong royong dalam melaksanakan hajatan besar.

Kepala Disbudpora Kapuas H Suparman melalui Kepala Seksi Kepariwisataan Erliansyah saat di jumpai diruang kerjanya, mengatakan bahwa sangkai kambang adalah sebuah rangkaian bunga kertas kemudian uang yang sudah ditata rapi.

“Yang dapat juga dikatakan sebagai hadiah kepada tuan rumah pelaksana hajatan tersebut, nilai dari uang tersebut jutaan rupiah hingga puluhan juta tergantung kemampuan yang memberi untuk membantu tuan rumah,“ jelasnya.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, saat prosesi penyambutan keluarga yang membawa sangkai kambang, dilaksanakan juga acara adat potong pantan, kemudian dilanjutkan acara Hajamuk Kasai dan Hatusuh Undus atau saling memupuri menggunakan tepung dan dilumuri minyak kelapa.

“Bersama Pariwisata Kabupaten Kapuas berbasis budaya agar terus kita lestarikan Sangkai Kambang atau Sangkai duit sebagai cermin kehidupan sosial masyarakat Kalimantan Tengah yang menjunjung tinggi rasa kebersamaan dan kekeluargaan,” tutupnya. (Ded/Kapuas)

Komentar

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Terkait